DetikNews
Selasa 24 Mei 2016, 09:57 WIB

Updated

Kemenkum HAM Verifikasi Parpol Jadi Badan Hukum, Termasuk PSI dan Partai Idaman

Bisma Alief - detikNews
Kemenkum HAM Verifikasi Parpol Jadi Badan Hukum, Termasuk PSI dan Partai Idaman Foto: Bisma Alief
Jakarta - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) menggelar verifikasi partai politik menjadi badan hukum. Verifikasi ini merupakan langkah awal sebelum menjadi peserta pemilu 2019.

Ada 15 parpol yang diundang, tapi hanya 6 partai baru yang akan diverifikasi jadi badan hukum. 6 Partai itu adalah Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Idaman, Beringin Karya, Partai Rakyat, Partai Pribumi, dan Partai Indonesia Kerja. Namun hingga pukul 09.50 WIB, haya PSI dan Partai Idaman yang datang. Verifikasi akan dilakukan di gedung Graha Pengayoman Kemenkum HAM, Kuningan, Jakarta Selatan.


Terdapat 2 agenda besar dalam tahapan verifikasi partai politik, pertama verifikasi administratif, yaitu memverifikasi dokumen yang disampaikan oleh partai politik. Kedua, verifikasi faktual, yaitu melakukan survei langsung ke kantor DPP, DPD tingkat 1 dan tingkat 2 serta tingkat kecamatan.

Nantinya hasil verifikasi dari Kemenkum HAM akan dikirimkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk meloloskan partai yang akan berlaga di Pemilu 2019.

"Hari ini kami mengundang semua petinggi parpol, total ada 15 parpol yang diundang termasuk partai baru dan partai yang baru berkonflik," kata Humas Kemenkum HAM, Dedet, di Graha Pengayoman Kemenkum HAM, Selasa (24/5/2016).


Partai politik menjadi badan hukum merupakan amanat pasal 51 ayat (1a) Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2011 tentang Partai Politik yang menyatakan bahwa verifikasi partai politik menjadi badan hukum paling lambat dilakukan dua setengah tahun sebelum pemilu. Kemenkum HAM membuka pendaftaran untuk partai politik menjadi badan hukum mulai 24 Mei 2016 sampai 29 Juli 2016 di kantor Kemenkum HAM.

Acara sendiri akan dibuka oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly. Sedangkan beberapa tokoh sudah terlihat hadir seperti Ketua Umum Partai Idaman Rhoma Irama, Jimly Assidiqiw, dan Dirjen Imigrasi, Ronny Sompie.

"Surya Paloh dijadwalkan akan hadir. Sedangkan PDIP akan diwakilkan oleh Arif Wibowo," kata Dedet.


(tor/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed