DetikNews
Senin 23 Mei 2016, 12:41 WIB

Saat Walkot Muslim Pertama di AS Tertarik Belajar soal Anggaran ke Purwakarta

Tri Ispranoto - detikNews
Saat Walkot Muslim Pertama di AS Tertarik Belajar soal Anggaran ke Purwakarta Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi menerima kunjungan Mayor of South Windsor Negara bagian Connecticut Amerika Serikat Saud Anwar (Foto: Dok Humas Pemkab Purwakarta)
purwakarta - Wali Kota South Windshor (Amerika), Anwar Saud, memiliki ketertarikan sendiri terhadap Kabupaten Purwakarta. Sejak hari pertama tiba untuk menghadiri World Village Conference 2016, dia mengaku terkesima dengan perkembangan Kabupaten Purwakarta.

Wali Kota muslim pertama di Amerika Serikat ini selain antusias dengan keindahan alam dan penataan taman, juga tertarik dengan pola pengelolaan anggaran daerah yang diterapkan oleh Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi.

Ketertarikannya tersebut berawal dari pemaparan Bupati Dedi yang menyebut APBD Kabupaten Purwakarta sangat kecil yakni Rp 2 triliun dengan jumlah penduduk mencapai satu juta jiwa. Hal tersebut berbanding dengan anggaran yang dia miliki yakni mencapai Rp 14 triliun dengan jumlah penduduk hanya 400 ribu jiwa.

"Saya tidak menyangka anggaran di sini ternyata kecil. Tapi pembangunannya sangat pesat. Dan saya perlu belajar tata kelola anggaran di Purwakarta," ucapnya, Senin (23/5/2016).

Saud mengaku selama kepemimpinannya, jika mendapat anggaran yang sedikit maka hal itu akan membuatnya berpikir keras. Bahkan tak jarang membuatnya hingga pusing dan sakit kepala. "Ilmu yang saya pelajari dari Bapak Dedi ini akan saya jalankan untuk efektifitas pembangunan di Amerika," katanya.

Selain soal pengelolaan anggaran, dia pun tertarik dengan pembangunan taman di Kabupaten Purwakarta yang kental dengan arsitektur budaya lokal. Hal tersebut pun nantinya akan ditiru oleh dia untuk membuat taman yang kota dengan mengadopsi budaya lokal.

"Saya juga tertarik untuk secara khusus belajar mengenai pertanian dan peternakan. Dan konsep Bapak Dedi bagus untuk saya bawa dan kembangkan di daerah saya," tuturnya.

Terpisah, Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti ketertarikan tersebut untuk menjadi kerjasama kedinasan. Secara khusus nantinya Kabupaten Purwakarta pun ingin lebih mengenalkan pariwisata lokal terhadap masyarakat Amerika.

"Ke depannya nanti kita inginkan banyak warga Amerika yang datang berwisata di Purwakarta untuk melihat taman dan Kampung-kampung adat yang telah lama ada dan kita terus kembangkan," tutup Dedi.
(trw/trw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed