Gerindra Anggap Dukungan Golkar ke Pemerintah Termasuk Tujuan KMP

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Sabtu, 21 Mei 2016 09:57 WIB
Foto: Bagus Prihantoro/detikcom
Jakarta - Keputusan Golkar keluar dari KMP dan mendukung penuh pemerintah telah mengubah peta politik di Indonesia. Namun Ketua DPP Gerindra Ahmad Riza Patria tak masalah dengan keputusan tersebut.

"Kita hormati keputusan mana pun. Dulu waktu bentuk koalisi ada tiga maksud dan tujuannya," kata Riza dalam diskusi 'Peta Politik Pasca Munaslub' di Foodtopia, Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu (21/5/2016).

Tujuan pertama, kata Riza, adalah memperkuat empat pilar berbangsa dan bernegara. Kedua, memperkuat sistem presidensial.

"Ketiga, tujuannya mendukung dan beri masukan ke pemerintah untuk laksanakan program prorakyat. Kemudian sekarang gimana dengan kondisi sepetti ini bagi Gerindra enggak masalah dia dukung," sebut Riza.

Bagi Gerindra, kata Riza, masuknya Golkar dalam pendukung pemerintah termasuk memperjuangkan aspirasi. Riza menyebut KMP tidak masalah bila hanya Gerindra sendirian.

"Di KMP kami tak masalah sepanjang selalu komitmen demi kepebtingan masyarakat banyak. Sesungguhnya kami berbangsa dan bernegara adalah memperjuangkan kepentingan rakyat," pungkas Riza.

(bag/erd)