Fahri Hamzah: KMP Kini Tempat Kongko Politik

M Iqbal - detikNews
Selasa, 17 Mei 2016 15:09 WIB
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah tak ketinggalan turut mengucapkan selamat kepada Setya Novanto yang terpilih sebagai ketua umum Partai Golkar. Fahri juga merespons sikap Golkar yang resmi keluar dari Koalisi Merah Putih (KMP).

"Ya tentu saya sebagai sahabat, teman, mengucapkan selamat kepada Pak Novanto yang secara aklamasi setelah mundurnya Pak Ade Komarudin, beliau jadi satu-satunya calon dan dipilih aklamasi," ucap Fahri Hamzah di gedung DPR, Jakarta, Selasa (17/5/2016).

Fahri juga mengapresiasi kebesaran hati Ade Komarudin yang mundur dari pencalonan, setelah Novanto mengantongi angka signifikan dalam pemilihan putaran pertama. Fahri mengapresiasi Aburizal Bakrie (Ical) dan Idrus Marham yang mengantarkan Golkar pada rekonsiliasi.

"Mudah-mudahan ini awal yang baik agar Golkar bisa konsolidasi dan bangun kekuatan kembali dan memberikan sumbangan untuk pembangunan kita. Kita belajar banyak dari Golkar," kata Fahri.

Soal keputusan Partai Golkar yang resmi keluar dari KMP, Fahri menyebut sejak awal KMP memang lebih kepada wadah untuk silaturahmi politik beberapa parpol. Tak ada yang luar biasa dari keputusan politik Golkar di Munaslub.

"Dari dulu juga kita sebenarnya agak leburkan definisi KMP ini. Pak Ical bilang tempat diskusi, tempat kongko (politik), Pak Prabowo juga bilang begitu," terang Fahri.

"Karena itu kita hormati keputusan internal Munaslub Golkar yang ingin keluar KMP. Saya kira biasa saja, karena selama ini koalisi terbentuk seiring dengan tidak ada batas bendera KMP atau KIH. Tapi sebagai silaturahmi politik kita harus terus tradisikan silaturahmi politik untuk kebaikan kita dan kebaikan bangsa," imbuhnya.

(bal/tor)