detikNews
Minggu 15 Mei 2016, 17:54 WIB

Laporan Dari Seoul

Jokowi Tiba di Korsel, Diaspora Indonesia: Annyeonghaseyo

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Jokowi Tiba di Korsel, Diaspora Indonesia: Annyeonghaseyo Foto: Angling-detikcom
Seoul - Iringan lagu "Bendera" dari Kikan x Kotak menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo ke hall Lotte Hotel, Seoul, Korea Selatan. Ribuan diaspora Indonesia pun histeris dan berusaha bersalaman dengan Presiden.

Presiden tiba di ruangan pukul 18.38 waktu setempat bersama Menlu Retno Marsudi dan Duta Besar Indonesia di Korsel, John A Prasetyo. Ketiganya berjalan pelan menuju ke atas panggung untuk berbincang dengan diaspora di Korsel.

"Annyeong haseyo (halo/apa kabar?)," sambut hadirin mengucapkan salam khas Korsel ketika Jokowi sampai di panggung.

Jokowi di Korsel/Angling-detikcom


Kikan kemudian memimpin lagu Indonesia Raya diikuti para undangan. Diaspora Indonesia yang hadir tampak khidmat menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama presiden.

John A Prasetyo memberikan sambutan dan memberitahukan agenda Presiden sangat padat dan ternyata tetap memilih bertemu dengan WNI di Seoul.

"Kalau boleh jujur awalnya agak galau. Jadwal sangat dinamis. Ada info baru akan datang besok pagi, baru sampai Minggu jam 22.00 atau acara ditunda. Di tengah itu saya dapat informasi para pekerja dan pelajar berusaha ingin bertemu, di sosmed ada 'pokoke kudu ketemu'," kata John.

Presiden Jokowi bertemu dengan sekitar 1.300 diaspora Indonesia untuk berbincang dan mendengar keluh kesah mereka. Saat ini Presiden  memulai sambutannya tentang kondisi Indonesia.

Presiden ke Korsel berangkat dari Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali, Minggu (15/5/2016) pukul 09.25 Wita setelah semalam membuka Munaslub Golkar.

Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan menuju Seoul, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Hadi Tjahjanto dan Staf Khusus Presiden Johan Budi.

Kunjungan Jokowi ke Korea Selatan ini adalah untuk memenuhi undangan Presiden Park Geun-hye. Dalam pertemuan dengan Presiden Park, Jokowi akan mengajak Korea Selatan yang telah menjadi salah satu mitra strategis Indonesia untuk menjadi mitra dalam "Akselerasi Industrialisasi Indonesia".

Jokowi juga akan bertemu dengan diaspora dan masyarakat Indonesia, bertemu dengan pemilik dan CEO perusahaan besar Korea, serta menjadi pembicara kunci dalam Asian Leaders Conference.

Dari Seoul, Rabu (18/5) Jokowi dan rombongan akan terbang menuju Sochi, Rusia. Presiden akan kembali ke tanah air pada Jumat (20/5) sore dari Rusia dan diperkirakan tiba di Bandara Halim Perdanakusuma pada Sabtu (21/5) siang.




(alg/nrl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com