DetikNews
Kamis 05 Mei 2016, 16:08 WIB

Ketum PAN Perhitungkan Jawa Barat Sebagai Kunci Kemenangan Pemilu

Tri Ispranoto - detikNews
Ketum PAN Perhitungkan Jawa Barat Sebagai Kunci Kemenangan Pemilu Foto: MPR
Purwakarta - Ketum PAN Zulkifli Hasan menganggap Jawa Barat sebagai kunci kemenangan di Pemilu 2019. Karena itu konsolidasi di wilayah Jabar bakal terus dilakukan.

"Jabar itu kunci bagi kemenangan dan kesuksesan. Dari sekarang mulailah cari orang, cari tokoh, dan kader yang tangguh," jelas Zulkifli saat menjadi pembicara dalam Safari Kebangsaan Merajut Kebhinekaan PAN di Kabupaten Purwakarta, Kamis (5/5/2016).

Untuk mencapai target kemenangan, Zulkifli mengaku akan mendatangi seluruh daerah di Jabar. "Mungkin satu daerah tidak hanya sekali, tapi mungkin dua atau tiga kali saya datang," katanya.

Menurut Zulkifli persiapan tersebut harus mulai dilakukan sejak saat ini. Pasalnya banyak partai yang seolah tahun 2016 ini seperti tahun 2018. "Tuh lihat partai-partai semua sudah kaya mau pemilu besok saja. Tidak ada waktu lagi untuk kita berleha-leha dan bersantai," tuturnya.

Dalam kesempatan itu Zulkifli pun berpesan pada para kedernya untuk tidak saling menjatuhkan hingga terjadi perpecahan. Dia mencontohkan penggantian pengurus hingga ketua itu sudah sangat biasa.
Namun selama ini ajang tersebut dianggap rawan konflik karena satu posisi diincar oleh banyak orang. Terkadang buntut dari permaslaah tersebut malah menimbulkan konflik berkepanjangan hingga membuat kader pun tidak kompak.

"Jabatan ketua atau jabatan lainnya itu bukan segalanya. Banyak juga yang tidak jadi ketua tapi bisa jadi anggota DPR. Jabatan partai itu tidak menghalangi atau mengurangi prestasi," tegas Zulkifli.

Dia meminta seluruh kader yang hadir dalam acara tersebut untuk bersama-sama bekerja keras untuk mencurahkan hati dan pikirannya agar PAN menang di Jabar.

"Hidup sekali harus berarti setelah itu mati. Saya siap untuk apa pun. Nggak apa-apa dimarahi kader asal dapat kursi banyak, tapi kalau sudah dimarahi tidak ada prestasi mending berkelahi saja," tutup Zulkifli yang disambut dengan tawa para kader.

Dalam acara tersebut turut hadir Wakil Ketum PAN, Didik J Rachbini, Sekjen PAN, Eddy Soeparno, Ketua Fraksi PAN DPR RI, Mulfachri Harahap, dan beberapa kader PAN lainnya baik di tingkat nasional hingga dearah.
Rencananya safari tersebut akan berlangsung selama 10 hari kedepan mulai dari Banten, Jabar, Jateng, hingga ke Jatim. Selanjutnya safari pun akan digelar berkala di beberapa daerah di luar Pulau Jawa.


(van/van)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed