Begini Suasana Balairung UGM Pasca Demonstrasi Mahasiswa

Aditya Fajar Indrawan - detikNews
Selasa, 03 Mei 2016 07:57 WIB
Foto: Dok. Istimewa
Yogyakarta - Kondisi Balairung, Rektorat Universitas Gajah Mada (UGM) pagi ini tampak sepi dan lengang. Tak tampak sisa-sisa ratusan mahasiswa yang berdemonstrasi, Senin (2/5) kemarin.

Pantauan di lokasi pagi ini, Selasa (3/5/2016), di sekitar Balairung Gedung Rektorat UGM tempat berkumpulnya ratusan mahasiswa yang berdemo sudah tak ada lagi sisa-sisa demonstrasi. Hanya beberapa orang tampak berolah raga.

"Kayaknya enggak ada demo lagi deh pagi ini, sepi sudah tidak ada sisa-sisa demo kemarin," ujar salah satu pembaca detikcom, Dwi saat dihubungi detikcom.
Suasana Balairung pagi ini, pasca demo mahasiswa kemarin


Sebagaimana diketahui, sebelumnya ribuan mahasiswa berkumpul dan menggelar demo di depan halaman Balairung UGM, Sleman Yogyakarta. Hingga malam, mahasiswa masih berkumpul dengan menggelar baca puisi dan bernyanyi bersama-sama.

Sebagian lainnya duduk di rerumputan dekat tiang bendera yang ada di tengah halaman. Berbagai spanduk dan poster sebelumnya digelar sedangkan untuk lampu penerangan, mahasiswa menyalakan lampu minyak.



"Kita masih bertahan dan akan bermalam di sini," kata salah satu mahasiswa di sela-sela aksi bernyanyi bersama-sama.

Para mahasiswa ini berunjuk rasa menolak Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan menolak penerapan uang pangkal bagi mahasiswa jalur Ujian Mandiri (UM). Selain itu juga mereka menuntuk tunjangan kinerja (Tukin) tenaga kependidikan UGM dan relokasi kantin di seputaran dalam kampus mereka, yang disebut sebagai Bonbin UGM.

(adf/dnu)