Tempat Kursus Mengemudi hingga Kafe di Malang Disegel karena Nunggak Pajak

Muhammad Aminudin - detikNews
Rabu, 27 Apr 2016 15:59 WIB
Foto: M Aminudin/detikcom
Malang - Operasi Gabungan (Opsgab) dengan sasaran penunggak pajak dan reklame liar digelar Dispenda dan Satpol PP Kota Malang, Rabu  (27/4/2016).

Siluet Cafe di Jalan Trunojoyo, Kecamatan Klojen, Kota Malang, menjadi sasaran pertama. Kafe itu disegel karena menunggak pajak selama tiga tahun. Tercatat, ada kerugian negara sebesar Rp 200 juta, yang terdiri Rp 140 juta untuk pajak restoran, dan sisanya pajak reklame yang tidak dibayar.

Foto: M Aminudin/detikcom

Kepala Dispenda Kota Malang Ade Herawanto memimpin operasi sempat bertemu dengan manajemen kafe sebelum penyegelan dan memberitahukan adanya tunggakan pajak yang belum terbayarkan.
"Pengelola tidak ada itikad baik atau kooperatif atas tunggakan pajak yang harus dibayar," tegas Ade di sela operasi.

Dia mengaku, pemberitahuan sudah dilakukan sesuai mekanisme yang diatur. Namun, pengelola seperti tidak menghiraukan sehingga pihaknya mengambil langkah tegas dengan melakukan penyegelan.

Foto: M Aminudin/detikcom

"Pemberitahuan, peringatan, pemanggilan sudah kami lakukan tetapi tidak dihiraukan," tegas Ade.

Dalam kesempatan itu, Ade turut menjelaskan kepada manajemen, jika tunggakan telah diselesaikan segel akan dibuka kembali. Dan usaha yang dimiliki pengelola bisa kembali beroperasi. Tidak ketinggalan, petugas gabungan juga menurunkan reklame kafe.

Foto: M Aminudin/detikcom

Tak hanya itu, di samping lokasi Siluet Cafe juga ada reklame dari kursus mengemudi yang juga tidak membayar pajak dan harus dilakukan penyegelan. Sementara petugas Satpol PP bergabung dalam operasi turut menertibkan papan reklame yang telah habis masa izinnya. (trw/trw)