detikNews
Jumat 15 April 2016, 23:26 WIB

Mendagri Tjahjo Sindir Ahok: Kepala Daerah Harus Bangun Sinergi

Hardani Triyoga - detikNews
Mendagri Tjahjo Sindir Ahok: Kepala Daerah Harus Bangun Sinergi Foto Tjahjo Kumolo (Ahmad Masaul Khoiri)
Jakarta - Hasil audit terhadap pembelian lahan RS Sumber Waras membuat panas Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dengan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Harry Azhar Aziz. Polemik ini turut menarik perhatian Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo.

Dia pun memberikan pernyataan yang menyentil Ahok. "Sebenarnya begini, seorang kepala daerah, pejabat daerah, pusat mulai presiden sampai kepala daerah harus bangun sinergi. Kalau ada masalah ya harus duduk bersama dibahas apakah dengan DPR, polisi, kejaksaan, termasuk BPK," kata Tjahjo di gedung K2, komplek parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (15/4/2016).

Menurutnya, setiap persoalan bisa diselesaikan dengan membangun komunikasi secara baik. Dengan klarifikasi serta dibicarakan secara langsung.

"Kan ada tahap klarifikasi. Kalau belum-belum enggak mau bangun komunikasi dengan baik, implikasi bisa panjang. Saya kalau ada masalah, bisa WA, telepon, atau BBM. Rembukkanlah apa yang bisa dibahas dengan baik," ujarnya.

Kemudian, Tjahjo berharap dari persoalan ini justru tidak saling menyalahkan. Ia mengingatkan pentingnya seorang kepala daerah yang harus membangun sinergi yang baik dengan berbagai pihak. Bila saling menyalahkan maka akan menjadi tontonan bagi masyarakat.

"Mempertontonkan kepada masyarakat luas kan tidak baik. Ada ungkapan yang mengatakan mulutmu, harimaumu," tuturnya.

Lantas, sebagai Mendagri apakah ada rencana Tjahjo memanggil Ahok?

"Wong saya sudah sering ketemu kok," ujarnya.


(hty/khf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed