detikNews
Kamis 14 April 2016, 11:58 WIB

Sosialisasi 4 Pilar Libatkan 1.000 Pemusik Keroncong, MPR Diganjar Rekor MURI

Hardani Triyoga - detikNews
Sosialisasi 4 Pilar Libatkan 1.000 Pemusik Keroncong, MPR Diganjar Rekor MURI Foto: Hardani Triyoga
Jakarta - MPR mendapat penghargaan rekor Museum Rekor Indonesia karena dianggap berhasil menyosialisasikan 4 Pilar MPR melalui musik keroncong. Rekor yang tercipta yaitu sosialisasi 4 pilar menggunakan 1.000 pemusik keroncong.

Pendiri MURI, Jaya Suprana mengatakan rekor ini bukan hanya Indonesia, namun juga tercatat di dunia.

"Saya terpaksa menolak untuk rekor Indonesia. Ini tak layak, karena ini pantas masuk rekor dunia. Silakan saja, di Moscow, Paris, London nggak ada keroncong. Yang ada di Indonesia saja," ujar Jaya di Nusantara IV, kompleks parlemen, Senayan, Kamis (14/4/2016).


Pernyataan Jaya Suprana ini direspons tepuk tangan para seniman musik keroncong yang tergabung dalam Yayasan Keroncong Indonesia (YAKI).

Sementara, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengatakan penghargaan ini sebagai tanda bahwa budaya musik khas Indonesia bisa menjadi media untuk memperkuat nasionalisme. Menurutnya, masyarakat harus bangga karena keroncong sudah ada sejak zaman perjuangan kemerdekaan RI.


Zulkifli optimis lewat musik keroncong, 4 Pilar bisa disosialisasikan ke generasi muda dengan lebih efektif.

"Punya nilai tinggi dari syair, punya kesederhanaan, sudah ada dari perjuangan kemerdekaan. Sekaligus media penghibur selama penjajahan berlangsung. Saya apresiasi untuk Yayasan Keroncong Indonesia dan Ibu Sundari Soekotjo," tutur Zulkifli di tempat yang sama.

Selain rekor MURI untuk MPR, penghargaan juga diberikan kepada Ketua YAKI Sundari Soekotjo. Sebagai seniman musik keroncong, Sundari dinilai bisa memperjuangkan kelestarian seni budaya Indonesia.


(hty/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com