Wali Kota Bima Arya: Sistem Satu Arah, Pembenahan Lalu Lintas Menyeluruh

ADVERTISEMENT

Wali Kota Bima Arya: Sistem Satu Arah, Pembenahan Lalu Lintas Menyeluruh

Aditya Fajar Indrawan - detikNews
Jumat, 08 Apr 2016 07:06 WIB
Foto: Ilustrasi: Mindra Purnomo
Jakarta -
Wali Kota Bima Arya menyadari adanya kritikan warga tentang sistem satu arah (SSA) yang diterapkannya. Namun apa yang dilakukan Bima Arya itu semata-mata untuk perbaikan lalu lintas di seluruh sektor.

"Sistem satu arah ini melancarkan arus di pusat kota di beberapa titik yang biasanya macet. Memang ada beberapa hal yang terus diperbaiki. Ini merupakan momentum untuk memperbaiki lalu lintas di Kota Bogor secara total," kata Bima Arya saat dihubungi detikcom, Jumat (8/4/2016).

Bima Arya pun menyebut setiap hari penerapan SSA selalu dipantau. Pola arus kendaraan dipelajari dari hari ke hari untuk dapat dievaluasi.

"Jadi pola yang ingin kita dapat seperti di hari biasa, di akhir minggu, atau saat jam antar jemput anak sekolah. Makanya kita perpanjang karena anak sekolah masih ada yang libur kan," sebutnya.

Selain itu, Bima Arya menyadari ada keluhan warga yang belum terbiasa dan menyebut SSA menimbulkan kemacetan. Padahal macet yang terjadi sebenarnya telah biasa terjadi.

"Ini adalah gerakan pembenahan. Selama ini selalu pembiaran. Sistem satu arah ini segera diiringi dengan perbaikan-perbaikan. Memperbaiki titik lalin, beberapa ruas PKL, angkot yang ngetem sembarangan, parkir liar, pelebaran titik jalan. Itu semua pembenahan secara total," kata Bima Arya.

Uji coba SSA di lingkar Kebun Raya Bogor (KRB) dan Istana Bogor sudah diberlakukan sekitar seminggu ini. Dengan sistem ini, kendaraan yang datang dari arah Terminal Baranangsiang dan Tol Jagorawi harus melingkari KRB melalui jalan Otista-Juanda-Jalak Harupat (Lapangan Sempur) dan Jalan Pajajaran jika ingin menuju RS PMI. (dhn/dhn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT