DetikNews
Kamis 07 April 2016, 13:21 WIB

KNKT Butuh Maksimal 4 Bulan Investigasi Tabrakan Batik Air vs TransNusa

Rini Friastuti - detikNews
KNKT Butuh Maksimal 4 Bulan Investigasi Tabrakan Batik Air vs TransNusa Ketua KNKT Soerjanto (kedua dari kanan) Foto: Rini Friastuti/detikcom
Jakarta - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) masih menginvestigasi tabrakan Batik Air dan TransNusa yang terjadi Senin 4 April. Butuh waktu 4 bulan buat KNKT sampai mengeluarkan laporan final.

"Kami perlu waktu dan pendalaman, 4 bulanlah," jawab Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono saat ditanya berapa lama buat KNKT menyelesaikan investigasi ini.

Hal itu disampaikan Soerjanto kala mendampingi kunjungan anggota Komisi V melihat lokasi tabrakan dan melihat pesawat yang tabrakan di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (7/4/2016).

Soerjanto menambahkan sudah ada beberapa pihak yang terlibat dalam tabrakan itu yang dimintai keterangan, termasuk memintai keterangan kru pesawat.

"Ya kita rencanakan kalau memungkinkan besok, ya besok. Kalau tidak memungkinkan, kemungkinan hari Senin atau Selasa. Kan kami harus mempelajari data-data dulu untuk pendalaman sehingga kita tahu arah yang kita tanyakan lebih jelas," beber Soerjanto.

Tahapan pemeriksaan yang dilakukan KNKT sudah dilaporkan ke DPR dan Kementerian Perhubungan. Soerjanto menambahkan masih terlalu dini untuk menyimpulkan penyebab tabrakan.

"Ya coming soon-lah, lagi kita pelajari. Masih terlalu dinilah. Kami masih kumpul-kumpul data. Tapi dalam waktu cepat, kita akan siap, saya akan usahakan secepatnya gitu," jelasnya.


(nwk/nrl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed