detikNews
Selasa 05 April 2016, 18:29 WIB

Kena Imbas Tabrakan Pesawat di Halim, Citilink Medan-Jakarta Delay

Aditya Mardiastuti - detikNews
Kena Imbas Tabrakan Pesawat di Halim, Citilink Medan-Jakarta Delay Penumpang Citilink di depan gate/Foto: Bayu-pasangmata.com
Jakarta - Pesawat Citilink dengan nomor penerbangan QG 0143 dari Bandara Kualanamu Medan menuju Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta mengalami penundaan. Pihak maskapai menerangkan hal tersebut salah satunya dikarenakan imbas kecelakaan pesawat Batik Air dengan pesawat TransNusa semalam.

"Pertama, ada beberapa kejadian yang membuat delay karena rotasi pesawat. Rotasi pesawat itu harusnya sejak semalam saat terjadi kejadian di bandara Halim," jelas Corporate Communication Citilink Benny Butar Butar saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (5/4/2016). Rotasi tersebut tidak bisa dilakukan karena ada tabrakan Batik Air dan TransNusa yang membuat bandara Halim ditutup.

Ketika penanganan pesawat tabrakan sudah selesai, Citilink menerima nota pemberitahuan dari TNI AU yang memberitahukan kegiatan latihan terbang.

"Ketika Batik Air selesai (penanganan) ada pengumuman lagi dari pihak Halim mereka mau latihan militer (untuk) HUT TNI AU, sehingga terpaksa tertunda lagi. Itu bedanya dengan bandara umum dengan bandara militer karena dia sensitif terhadap kegiatan non komersial," tambahnya.

Pesawat dengan nomor penerbangan QG 0143 dari Medan menuju Jakarta itu seharusnya berangkat pukul 11.00 WIB. Benny menjelaskan pihaknya sudah menerapkan management delay dengan memberikan snack dan kompensasi.

"Sebagian penumpang sudah diterbangkan menggunakan pesawat Garuda pada pukul 14.00 WIB dan sebagian lagi menggunakan pesawat Citilink pukul 17.00 WIB. Yang diterbangkan menggunakan Garuda sekitar 80-an orang, sisanya menggunakan pesawat kami. Kalau sebagian menggunakan pesawat Garuda itu karena daya tampung pesawat sudah diisi penumpang Garuda," jelasnya.

Kontributor pasangmata.com Bayu adalah salah satu penumpang Citilink yang tertunda. Dia harusnya terbang pukul 11.00 WIB namun hingga pukul 16.20 WIB belum terbang. Bayu dan penumpang mendapatkan kompensasi nasi kotak sekitar pukul 12.00 WIB. Bayu mengharapkanĀ  informasi yang memadai bagi para penumpang. Dia juga mengungkapkan bahwa sebagian penumpang saat ini telah diterbangkan dengan Garuda.





(ams/nrl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com