Rachel Maryam Minta Fasilitas ke Dubes RI di Paris, Ketua DPR: Biasa Saja

Indah Mutiara Kami - detikNews
Selasa, 05 Apr 2016 14:40 WIB
Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Anggota DPR Rachel Maryam mengirimkan surat ke Kedubes RI di Paris untuk meminta bantuan saat dia dan keluarganya berlibur. Ketua DPR Ade Komarudin pun memberi imbauan agar hal yang sama tak terulang lagi, meski dia menilai surat Rachel itu tak menyalahi aturan.

"Saya imbau, semua anggota DPR sebaiknya hindari benar minta tolong kalau tidak terpaksa sekali ke pihak pihak terkait penyelenggara negara," kata Ade di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (5/4/2016).

Pria yang akrab disapa Akom ini menuturkan tentu ada pengecualian apabila anggota DPR itu ke luar negeri untuk tugas parlemen. Untuk kasus Rachel Maryam, Akom menganggap tidak ada kesalahan di situ.

"Tidak ada penyalahgunaan, biasa saja," ucap politikus Golkar ini.

Lebih lagi, Akom menilai tindakan seperti itu bukan hanya dilakukan oleh anggota DPR. "Ini bukan fenomena khas parlemen. Di eksekutif juga," imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, Rachel Maryam membenarkan dirinya mengirimkan surat ke Dubes RI di Paris, Prancis. Namun menurut politisi Gerindra itu, dia hanya meminta bantuan untuk dicarikan mobil sewaan selama berlibur di Paris.

"Memang saya minta dibantu untuk difasilitasi untuk dicarikan kendaraan saya dan keluarga saya," jelas Rachel, Jumat (1/4).

"Tapi biaya atas tanggungan saya pribadi," tambahnya.

(imk/tor)