DetikNews
Senin 21 Maret 2016, 13:38 WIB

Istana Soal Jokowi ke Hambalang dan Tour de Java SBY: Tak Ada Kaitannya

Ray Jordan - detikNews
Istana Soal Jokowi ke Hambalang dan Tour de Java SBY: Tak Ada Kaitannya Foto: Ilustrasi oleh Andhika Akbarayansyah
Jakarta - Sejumlah pihak mengait-ngaitkan sidak Presiden Jokowi ke proyek Hambalang dengan Tour de Java Ketum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono. Jubir Presiden Johan Budi menegaskan kedua peristiwa itu tak ada kaitannya.

"Ini mungkin dikaitkan dengan beberapa waktu lalu. Dikaitkan dengan kunjungan Presiden ke Hambalang. Pertama, perlu ditegaskan kunjungan Presiden meninjau proyek Hambalang semata concern Presiden terkait upaya menyelamatkan aset negara," ujar Johan Budi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (21/3/2016).

Johan mengatakan, kunjungan Jokowi ke Hambalang sudah direncanakan sejak lama, jauh sebelum adanya kegiatan Tour de Java yang dilakukan oleh SBY.

"Kunjungan itu sudah digagas jauh sebelum adanya Tour de Java. Sebelum kunjungan kemarin itu, dua minggu sebelumnya Presiden sudah meminta Menpora untuk mencari tahu situasi terkini proyek Hambalang," kata Johan.



"Teman-teman kan sudah melihat bahwa fokus Presiden dalam konteks akselerasi pembangunan kan di infrastruktur, sehingga kunjungan ke Hambalang itu merupakan akselerasi itu sendiri," imbuh mantan Jubir KPK ini.

Johan mengatakan Jokowi tak hanya mengunjungi lokasi proyek Hambalang. Sehingga kunjungan-kunjungan Jokowi tersebut tidak bisa dikaitkan dengan apa yang dilakukan oleh SBY.

"Beberapa waktu lalu kan tidak hanya mengunjungi bangunan di Hambalang, tapi jalan tol dan lain-lain sebagainya. Tidak ada kaitannya dengan apa yang dilakukan Pak SBY," kata Johan.
(jor/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed