DetikNews
Minggu 20 Maret 2016, 17:05 WIB

SBY akan Turun Langsung Didik 5.000 Kader Demokrat Agar Siap Jadi Pemimpin

Elza Astari Retaduari - detikNews
SBY akan Turun Langsung Didik 5.000 Kader Demokrat Agar Siap Jadi Pemimpin Foto: Agung Pambudhy
Surabaya - Partai Demokrat (PD) akan melangsungkan pendidikan terhadap kader-kader terbaik dalam waktu dekat. Ketum PD Susilo Bambang Yudhoyono mengaku akan terlibat aktif dalam penataran tersebut agar kader-kadernya memiliki modal sebagai pemimpin.

"Pendidikan dan latihan kader termasuk leadership training ke depan. Insya Allah minggu depan PD akan menyelanggarakan penataran tingkat nasional, upgrading. Selama satu minggu penuh, diikuti oleh para pemimpin dan kader utama PD," ungkap SBY.

Hal tersebut disampaikannya dalam Rapat Konsolidasi PD di Harris Hotel, Gubeng, Surabaya, Minggu (20/3/2016). Pendidikan kader untuk kloter pertama digelar pada 28 Maret-2 April 2016 di Bogor dan diikuti oleh 250 peserta. Sekolah kader itu akan terus dilanjutkan dalam beberapa kloter lainnya.

Tema pendidikan kader itu mengambil tema 'Negara, Pemerintahan, dan Sistem Nasional'. Termasuk pendidikan mengenai implementasi dalam ilmu pemerintahan dan pembangunan.

"Kita ingin kader Demokrat kalau mendapat kesempatan untuk menjadi kepala daerah, menteri apalagi presiden dan wapres, menjadi anggota parlemen, pusat dan daerah, yang mengemban fungsi dan tugas di lembaga negara dan pemerintahan, maka kader kita cakap," terang SBY.

"Mengetahui betul tentang negara dan pemerintahan kita dan sistem nasional yang berlaku. Tahu bagaimana mengambil keputusan strategis, menetapkan kebijakan, menjalankan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan," lanjut jenderal purnawirawan TNI itu.

Pendidikan leadership disebut SBY sangat penting mengingat Indonesia adalah negara yang cukup memiliki peran di kancah internasional dengan masa depan cerah bagi semua penduduknya. Untuk itu Indonesia harus memiliki pemimpin yang handal agar bisa memastikan kesejahteraan bagi seluruh warga negara.

"Maka wajib hukumnya siapa yang menyelenggarakan negara, pemimpin mengetahui tentang seluk beluk negara, pemerintahan, dan sistem nasional. Agar sukses negara kita di Abad 21 ini," ucap SBY.

Hingga masa kepengurusan DPP saat ini berakhir, PD akan memberikan pendidikan bagi 5.000 kader terpilih yang telah terseleksi oleh partai. SBY akan turun langsung dalam proses pelatihan tersebut.

"Sampai akhir masa bakti kepengurusan hasil kongres di Surabaya tahun lalu, akan kita didik, latih, dengan sungguh-sungguh 5.000 kader sehingga kita betul-betul menjadi partai yang profesional dan modern," terang Presiden RI ke-6 itu.

"Saya akan aktif di situ untuk memastikan kader-kader kita siap mengemban tugas ke masa depan. Bukan hanya sampai 2019," pungkas SBY.


(ear/Hbb)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed