detikNews
Minggu 20 Maret 2016, 14:41 WIB

Demokrat akan Gelar Rakernas Pada Mei atau Juni 2016

Elza Astari Retaduari - detikNews
Demokrat akan Gelar Rakernas Pada Mei atau Juni 2016 Foto: Agung Pambudhy
Surabaya - Partai Demokrat (PD) akan menggelar rapat kerja nasional (Rakernas) dalam waktu dekat. Rapat konsolidasi yang tengah dilakukan hari ini juga sebagai persiapan untuk rakernas tersebut.

"Rapat konsolidasi Surabaya ini juga merupakan pra rakernas yang Insya Allah diselenggarakan Mei atau Juni 2016 ini. Semua komponen, elemen PD akan kita undang dan libatkan termasuk jajaran majelis tinggi, dewan pembina, dewan kehormatan dan seluruh keluarga besar PD," ungkap Ketum PD Susilo Bambang Yudhoyono.

Hal tersebut disampaikannya dalam rapat konsolidasi PD di Harris Hotel, Gubeng, Surabaya, Minggu (20/3/2016). Sayangnya lokasi rakernas belum disampaikan oleh SBY.

Rapat konsolidasi ini sendiri dilakukan untuk menyatukan semangat kader dalam memenangkan Pilkada serentak yang akan dilakukan pada 2017. Suami Ani Yudhoyono itu juga meminta laporan serta evaluasi dari hasil Pilkada serentak 2015 lalu.

"Setelah tahun lalu kita melaksanakan kongres, kita berkumpul hari ini untuk semakin menyatukan semangat, tekad, dan langkah kita bersama, untuk melanjutkan karya dan pengabdian kita kepada rakyat, negara, dan tentunya untuk kemajuan partai," kata SBY.

"Hanya dengan semangat, tekad, persatuan dan kerja keras kita semua, kita dapat mewujudkan cita-cita, our dreams, our goals, bagi kebangkitan kembali PD. Bukan hanya agar sukes kembali pada pilkada-pilkada tapi sukses untuk Pemilu 2019 mendatang," lanjut Presiden RI ke-6 ini.

Fokus rapat ini adalah untuk memenangkan Pilkada serentak 2017 termasuk membahas situasi nasional terkini. Untuk itu selain mengundang Ketua DPD se-Indonesia, rapat juga dihadiri oleh anggota-anggota Fraksi PD DPR RI.

"Fraksi PD kita hadirkan, karena apa yang kami dengar, banyak sekali yang harus menjadi tugas peran saudara untuk memperjuangkannya. Rapat ini juga kelanjutan dari safari PD, SBY Tour De Java, Demokrat Peduli dan Serap Aspriasi," tutur SBY.

Dalam Tour De Java, SBY bersama rombongan melakukan audiensi dengan kelompok-kelompok masyarakat di kota atau kabupaten yang disinggahi. Menurut SBY, safari ini mendapat sambutan positif dari masyarakat.

"Positif, positif. Kegiatan meet the people sepanjang rute, ribuan saudara-saudara kita bertemu kami. Ratusan di antaranya terlibat langsung dialog dari tempat berbeda. Semua tanpa rekayasa, apa adanya. Saya bahkan tidak tahu sebelum bertemu dengan mereka, apa yang ingin mereka bicarakan," jelasnya.

Harapan SBY, aspirasi yang didapat dari kegiatan Tour De Java akan disalurkan lewat parlemen. Sehingga suara rakyat didengar pihak pemerintah dan akan ada solusi dari kebijakan yang dirasa kurang tepat.

Sejumlah anggota F-PD DPR yang hadir dalam rapat konsolidasi ini seperti seperti Ruhut Sitompul, Nuryati Assegaf, Teuku Rifki Harsya, M Nasyit Umar, Benny K Harman, Herman Kheron, Mulyadi, dan Jefri Riwo Kore. Fungsionaris DPP pun hadir sebagai panitia acara. Selain itu, SBY juga mengundang pihak Dewan Pembina dan Dewan Kehormatan PD.

"Meski rapat konsolidasi lebih ditujukan pada unsur DPP, DPD, dan fraksi, tapi saya hadirkan Ketua Dewan Pembina E.E Mangindaan dan Ketua Dewan Kehormatan Amir Syamsuddin," tutup SBY.


(ear/Hbb)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed