Rizal Ramli: Kegaduhan Kabinet Bagus Selama Perjuangkan Nawacita

Bisma Alief - detikNews
Jumat, 18 Mar 2016 19:09 WIB
Foto: detik.com
Jakarta - Kegaduhan antarmenteri sempat menjadi sorotan yang membuat publik gerah. Menko Kemaritiman Rizal Ramli berpandangan bahwa kegaduhan itu sebenarnya sah-sah saja.

"Kegaduhan ada 2, gaduh putih dan gaduh hitam. Gaduh putih itu untuk mendorong supaya nawacita bisa dicapai. Kegaduhan supaya korupsi dan KKN bisa kita lawan," kata Rizal di kediamannya, Jalan Bangka IX No. 49 R, Jakarta Selatan, Jumat (18/3/2016).

Menurutnya, ada jenis kegaduhan yang berbeda yaitu kegaduhan hitam. Dia menyebut ada kegaduhan yang diperbolehkan.

"Beda dengan gaduh hitam memperebutkan proyek, KKN, saham yang bukan miliknya. Dan Pak Jokowi jelas mengatakan, bagus kok kegaduhan selama memperjuangkan nawacita," ujarnya.

Wakil Presiden Jusuf Kalla sempat isyarat kegaduhan di Kabinet Kerja yang terjadi akhir-akhir ini dipicu oleh aksi seorang menteri koordinator yang  bertindak di luar kewenangannya. Sang menko yang dimaksud bahkan mengubah nomenklatur kementeriannya tanpa persetujuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Dewan Perwakilan Rakyat.  

"Pokoknya tidak ada perubahan sampai sekarang. Tetap Menko maritim. Tidak ada itu sumber daya," tegas JK di kantor Wakil Presiden, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (3/3/2016). (imk/tor)