DetikNews
Kamis 17 Maret 2016, 18:34 WIB

Cara Pekerja MRT Menjaga Keselamatan Kerja Selama 2,5 Tahun Terakhir

Rina Atriana - detikNews
Cara Pekerja MRT Menjaga Keselamatan Kerja Selama 2,5 Tahun Terakhir Foto: Rina Atriana
Jakarta - Groundbreaking MRT Jakarta dilakukan pada 10 Oktober 2013 lalu oleh Presiden Joko Widodo yang kala itu masih menjabat sebagai Gubernur DKI. Sekitar 2,5 tahun berlalu, pengerjaan MRT fase 1 Lebak Bulus - Bundaran HI telah mencapai kira-kira 40 persen.

Menurut Project Director pengerjaan MRT Jakarta, Osako Kazuya, sepanjang 2,5 tahun tersebut, tak sekali pun terjadi kecelakaan kerja. Hal tersebut karena pekerja, supervisor, deputi hingga manager betul-betul mematuhi peraturan keselamatan kerja.

"Kami selalu melakukan senam di pagi hari. Setiap hari juga kami sampaikan mengenai hal-hal penting terkait safety agar tidak ada kecelakaan," ujar Osako di area pembangunan MRT di Stasiun MRT Senayan, Jakarta, Kamis (17/3/2016).


Foto: Rina Atriana


"Kami bersyukur tidak ada satu kecelakaan pun yang terjadi sampai saat ini," jelasnya.

Selain faktor keselamatan, Osako juga menekankan betapa pentingnya aspek kebersihan dan kenyamanan di area proyek. Mereka pun tak segan-segan mengeluarkan biaya lebih agar hal tersebut dapat terpenuhi.

"Memang butuh biaya agar lingkungan proyek senantiasa bersih dan rapi. Akan tetapi biaya itu tertutupi dengan produktifitas pekerjanya. Itu yang kami utamakan," tutur Osako.

Foto: Arifin Asydhad/detikcom


Terkait teknis pengerjaan proyek ini, Osako mengatakan mesin pengebor yang didatangkan langsung dari Jepang mampu mengebor 'perut' Ibu Kota sepanjang 10 meter dalam satu. Dalam satu menit mesin bornya bisa berputar hingga 360 derajat.

"Tanahnya lalu ditampung dengan kereta kecil dan dibawa keluar untuk diangkut. Tanah yang digali di siang hari dikumpulkan terlebih dulu hingga akhirnya diangkut," ungkap Osako.

Foto: Arifin/detikcom


"Di Jepang sendiri telah banyak teknologi yang berkaitan dengan mesin bor. Banyaknya pilihan tersebut dapat membuat pengeboran dilakukan dengan lebih cepat," terang Osako.


(rna/mad)
mrt
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed