detikNews
Kamis 10 Maret 2016, 09:17 WIB

Gerhana Matahari Total Di Indonesia

Saat Gerhana, Ayam-ayam di Ternate Lebih Tenang dan Masuk ke Kandang

Kartika Sari Tarigan - detikNews
Saat Gerhana, Ayam-ayam di Ternate Lebih Tenang dan Masuk ke Kandang Gerhana Matahari difoto dari Ternate (Foto: Fitraya Ramadhanny/detikTravel)
Jakarta - Selain Gerhana Matahari Total (GMT), ternyata ada hal lain yang juga menarik untuk diamati dalam fenomena alam langka kemarin. Di Ternate, perubahan perilaku hewan menjadi satu hal yang juga diamati saat terjadi GMT.

"Kami juga lakukan beberapa penelitian terhadap perubahan perilaku hewan di Ternate, dan tampak ada perubahan," kata Akademisi Universitas Ahmad Dahlan Ternate Yudhiakto kepada detikcom, Rabu (9/3/2016) malam.

Pengamatan yang dilakukan Yudhiakto terhadap beberapa jenis hewan ternak yang ada di Ternate. Menurut Yudhi tampak ada beberapa perbedaan perilaku yang ditunjukkan hewan ternak tersebut pada saat GMT. Salah satunya adalah ayam-ayam yang langsung masuk kandang.

"Mereka seperti merasakan adanya malam hari lagi, terlihat mereka lebih tenang berkumpul bersama kawanannya. Hewan yang kami teliti hewan yang ada di peternakan, seperti ayam, ikan dan lain-lain," papar Yudhi.

Baca Juga: Melihat Perubahan Perilaku Lumba-lumba Saat GMT Terjadi di Ancol

Yudhi bersama timnya melakukan pengamatan gerhana matahari total di Ternate. Selain perubahan perilaku hewan, dalam mengamati matahari Yudhi megaku juga sempat melihat beberapa fenomena yang mengiringi GMT.

"Tadi ada anggota tim yang memotret manik-manik Baily dan matahari sempat terlihat seperti cincin berlian. Namun kami tidak berada di batas selatan ataupun utara, sehingga fase tersebut tidak terlalu lama teramati," urai Yudhi.



Yudhi menilai antusiasme masyarakat sangat tinggi dalam fenomena Gerhana Matahari Total kali ini. Dia dan teman-temannya juga memberikan edukasi kepada masyarakat terkait fenomena langka ini.

"Tadi pukul 08.30 WITA baru mulai masuk gerhana sebagian, dan gerhana matahari total pukul 09.51 sampai 09.54 WITA. Kurang dari 3 menit,dan wisatawan banyak yang datang," jelas Yudhi.

"Kita juga merangkul akademisi untuk serta memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mengenal gerhana matahari total ini, masyarakat tampak antusias, beberapa menanyakan apa pentingnya gerhana matahari, data-data apa saja yang dibutuhkan dan didapat dari pengamatan gerhana matahari," sambung dia.
(imk/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed