Johan Budi: Deponeering AS dan BW Sudah Sesuai Koridor Hukum

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Jumat, 04 Mar 2016 18:40 WIB
Foto: Ilustrasi oleh Andhika Akbarayansyah
Jakarta - Keputusan Jaksa Agung M Prasetyo untuk mengesampingkan (deponeering) kasus mantan pimpinan KPK Abraham Samad dan Bambang Widjojanto diapresiasi berbagai pihak. Jubir Presiden Johan Budi menyebut keputusan itu sudah sesuai dengan koridor hukum yang berlaku.

"Apa yang dilakukan Jaksa Agung kan sudah sesuai dalam konteks koridor hukum dan itu kewenangannya Jaksa Agung," kata Johan Budi di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Jumat (4/2/2016).

Presiden Jokowi memang sebelumnya telah memberikan perintah kepada Jaksa Agung untuk menghentikan kasus. Tetapi perintah Presiden adalah harus disesuaikan dengan koridor hukum.

"Dulu Presiden hanya sampaikan bahwa kasus-kasus ini harus segera diselesaikan tetapi tetap di dalam koridor hukum karena ini kan sudah lama yang kadang menimbulkan pro dan kontra di publik," tutur Johan.

Presiden Jokowi telah menyerahkan sepenuhnya kepada Jaksa Agung terkait keputusan yang diambil. Dan akhirnya kemarin, Kamis (3/3) Jaksa Agung memutuskan untuk mengesampingkan kasus dua mantan pimpinan KPK itu. (bag/Hbb)