Tersangka Kasus Kondensat Djoko Harsono Diperiksa Bareskrim

Rini Friastuti - detikNews
Kamis, 11 Feb 2016 15:02 WIB
Djoko Harsono (Foto: Rini Friastuti/detikcom)
Jakarta - Mantan Deputi Finansial BP Migas (SKK Migas) Djoko Harsono memenuhi panggilan penyidik Bareskrim Mabes Polri. Djoko merupakan tersangka kasus korupsi penjualan minyak mentah negara atau Kondensat dari BP Migas ke PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI).

Pantauan detikcom, Djoko tiba di Bareskrim Mabes Polri, Kamis (11/2/2016) sekitar pukul 14.00 WIB. Djoko yang datang mengenakan kemeja putih tampak bergegas masuk ke dalam gedung Barekrim. Dia didampingi dua orang kuasa hukumnya.

Selain Djoko, rencananya penyidik juga akan memeriksa mantan Kepala BP Migas, yakni Raden Priyono. Namun hingga siang ini belum terlihat mendatangi Bareskrim.

Sementara itu, mantan Dirut PT TPPI, Honggo Wendratno, dipastikan tak hadir karena masih dirawat di rumah sakit di Singapura.

Ini merupakan pemeriksaan kedua setelah pada 20 Januari 2016 lalu Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengeluarkan hasil Penghitungan Kerugian Negara (PKN). Hasil audit menemukan adanya penyimpangan yang merugikan negara hingga Rp 27 triliun (atau Rp 35 triliun menurut kurs rupiah saat ini). Saat ini berkas ketiga (P19) tengah dirampungkan oleh penyidik. (rii/hri)