DetikNews
Rabu 03 Februari 2016, 11:00 WIB

PT KCJ Menang Banyak! Penumpang Banyak yang Protes Soal Rp 2.000

Herianto Batubara - detikNews
PT KCJ Menang Banyak! Penumpang Banyak yang Protes Soal Rp 2.000 Foto: Indra Subagja/detikcom
Jakarta - Banyak calon penumpang protes 'dipalak' Rp 2 ribu saat keluar dari stasiun akibat KRL mengalami gangguan pagi ini. Sudah dirugikan, masa harus bayar lagi.

Uang Rp 2 ribu ini dikenakan pada penumpang yang masuk ke stasiun yang sama dan kemudian keluar di stasiun yang sama pula. Aturan ini sudah beberapa lama dilakukan. Aturan ini merugikan saat kereta ada gangguan dan terlanjur sudah masuk ke stasiun. Kesalahan tentu bukan ada di penumpang.

@CommuterLine terus penumpang yg terburu2 dan keluar stasiun msh didenda 2rb gitu? Lagi2 menang banyak @PTKAI," tulis @Ares_Heika di Twitter seperti dikutip detikcom, Rabu (3/2/2016) pagi.

"Kalo masih sering gangguan ngga usah sok ngedenda penumpang. Kalo udah bener dan NGGAK pernah gangguan lg baru kasih denda," sambungnya memprotes.

Irene calon penumpang yang tertahan di Stasiun Tanjung Barat, Jakarta Selatan, juga mengeluhkan hal yang sama. Karena KRL mengalami gangguan, dia pun keluar dari stasiun untuk naik angkutan umum.

"Tapi pas tap out kena lagi Rp 2.000," ujarnya saat dihubungi detikcom, pagi ini.

(Baca juga: Jika Terjadi Gangguan, Penumpang Gratis Keluar di Gate yang Sama dan Bisa Refund)

Di media sosial banyak sekali yang mengeluhkan harus bayar Rp 2.000 saat keluar dari stasiun. Padahal mereka yang dirugikan karena KRL mengalami gangguan.

Di beberapa stasiun PT KCJ sebenarnya memberikan free out atau mengambil uang Rp 2 ribu di loket. Tetapi, nyatanya ada potongan Rp 2 ribu, dan saat diklaim petugas di loket tak tahu. Banyak penumpang yang akhirnya mengalah.

"Ya udahlah kena Rp 2 ribu, amsiong," ujar Riki calon penumpang KRL lainnya.

Soal Manager Corporate Communication PT KAI Commuter Jabodetabek (PT KCJ) Eva Chairunnisa sudah memberi penjelasan soal ini. Menurutnya seharusnya calon penumpang diperkenankan melakukan free out apabila ingin menggunakan moda transportasi lain.

(Baca juga: PT KCJ Jangan Cuma Minta Maaf, Dengar Nih Curhat Para Pengguna Commuter Line)

"Bagi para pengguna KRL di stasiun Bogor hingga Pasar Minggu yang telah masuk ke area peron namun belum dapat melalukan perjalanan, apabila akan menggunakan moda transportasi lain diperkenankan melakukan free out, atau kembali keluar gate tanpa dikenakan penalti. Selanjutnya para pengguna dapat melakukan refund tarif perjalanan dan jaminan bagi pengguna tiket harian berjaminan (THB) danĀ  melakukan clear card bagi pengguna tiket berlangganan Kartu MultiTrip (KMT) pada loket stasiun," jelas dia dalam keterangannya hari ini.
(hri/dra)
krl
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed