DetikNews
Kamis 14 Januari 2016, 01:17 WIB

Dubes RI untuk Saudi: Peluang Indonesia Jadi Mediator di Timteng Sangat Besar

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Dubes RI untuk Saudi: Peluang Indonesia Jadi Mediator di Timteng Sangat Besar Foto: Ilustrasi oleh Andhika Akbarayansyah
Jakarta - Duta Besar (Dubes) RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel baru saja dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (13/1) kemarin. Apa hal pertama yang akan dilakukan Agus terkait konflik yang tengah mendera Saudi dan Iran?

Agus menuturkan, sejak awal ia ingin ada diplomasi kemanusiaan dan perdamaian di Timur Tengah. Kedua diplomasi ini yang akan menjadi fokus Agus di awal-awal ia menjabat.

"Jadi kami sering diskusi dengan dubes kita untuk Iran bahwa agenda kita pertama adalah menebar kedamaian di Timteng," kata Agus di Istana Negara, Rabu (13/1/2016).

"OKI (Organisasi Konferensi Islam) kita akan spreading juga lewat beberapa negara yang jadi anggota OKI, kita akan lakukan diplomasi-diplomasi, tidak cuma diplomasi ekonomi, tapi yang utama adalah diplomasi kemanusiaan dan perdamaian. Itu fokus kita," lanjutnya.

Menurut Agus, Indonesia punya pengalaman untuk mendamaikan. Konflik Afganistan pun dijadikan contoh oleh Agus.

"Indonesia akhirnya memberikan jalan untuk perdamaian di Afganistan. Peluang Indonesia sangat besar untuk jadi mediator di negara-negara Timur Tengah. Kita kan the biggest moslem country, negara besar yang punya pengalaman-pengalaman, kita bisa bersatu dalam kemajemukan, itu yang akan kita jual ke sana," tuturnya.
(rna/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed