ADVERTISEMENT

RI Akan Gelar Konferensi untuk Damaikan Arab Saudi dan Iran

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Selasa, 05 Jan 2016 13:30 WIB
Konflik Saud-Iran (Ilustrasi oleh Andhika Akbarayansyah)
Jakarta - MUI mengusulkan kepada Presiden Jokowi untuk ikut aktif mendamaikan ketegangan antara Arab Saudi dengan Iran. Dalam pertemuan dengan MUI tadi, Jokowi menyebutkan RI akan menggelar sebuah konferensi terkait itu.

"Iya itu salah satu upaya saja sebagai bentuk ikhtiar bagaimana untuk mendekatkan kedua negara ini dengan ya semacam membentuk semacam konferensi pertemuan," ungkap Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim usai mendampingi Jokowi dalam pertemuan di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (5/1/2016).

Konferensi tersebut bukan hanya dihadiri oleh Arab Saudi dan Iran saja, tetapi juga negara-negara muslim lainnya. Tetapi Menag juga belum bisa memastikan apakah konferensi yang dimaksud terkait dengan Organisasi Konferensi Islam (OKI).

"Untuk bagaimana mencari solusi yang konkret yang bisa dilakukan dalam waktu dekat ini," kata Lukman.

Presiden tak memungkiri bahwa ketegangan antara Arab Saudi dan Iran sangat kompleks. Tetapi bukan berarti Indonesia hanya berdiam diri, mengingat kedua negara tersebut memiliki hubungan diplomatik dengan RI.

Meski hubungan Arab Saudi dengan RI lebih terlihat mesra, tetapi Menag menganggap Iran juga memiliki hubungan erat dengan Indonesia. Oleh karena itu RI akan bersikap netral.

"Tapi intinya adalah tidak hanya semata perdamaian ini harus diwujudkan karena kepentingan Indonesia, tapi ini lebih pada kepentingan dunia. Jadi ini menyangkut keamanan dan nasib peradaban dunia karena dua negara ini tentu ketika ini berkonflik maka kawasan timur tengah menjadi sama sekali tidak aman dan itu juga berpengaruh pada kawasan-kawasan lain," tutur Lukman. (bpn/hri)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT