Resmikan Kapsul Waktu di Merauke, Jokowi: Visi ke Depan Adalah Kompetisi

Ray Jordan - detikNews
Rabu, 30 Des 2015 07:58 WIB
Foto: Ray Jordan/detikcom
Merauke - Presiden Joko Widodo pagi ini meresmikan penanaman kapsul waktu Impian Indonesia 2015-2085 di Merauke, Papua. Dalam pidatonya, Jokowi mengatakan bahwa mimpi tak terwujud dengan sendirinya, namun diupayakan dengan segenap kemampuan.

"Sekarang jadi tugas kita bersama, bukan menunggu kapsul waktu dibuka, bukan menunggu mimpi terwujud dengan sendirinya. Mimpi itu harus diupayakan dengan segenap kemampuan," ujar Jokowi dalam pidatonya di hadapan ratusan masyarakat Merauke, Rabu (30/12/2015).

Jokowi yang tampak mengenakan kemeja putih dan topi bulu cenderawasih itu mengatakan melalui gerakan nasional 70 tahun merdeka tepatnya di 0 kilometer Sabang hingga Merauke, impian bersama Indonesia hanya dapat dicapai dengan kerja keras, etos kerja yang baik, integritas, kejujuran serta kemauan yang tinggi agar Indonesia dapat berkompetisi dengan bangsa di dunia.

"Visi ke depan adalah kompetisi. Saya meyakini dengan kerja bersama gotong royong kita mampu mewujudkan impian itu. Sebagai provinsi yang terakhir dilalui kapsul, di tanah Papua ini tanah indah seperti surga kecil yang jatuh ke bumi menjadi titik balik bangsa Indonesia melaksanakan cita-cita, secara politik berdikari, secara ekonomi berkepribadian, dan secara sosial berbudaya," kata Jokowi.

"Ayo Kita Kerja!," tutup Jokowi mengakhiri pidatonya diiringi tepukan riuh masyarakat Papua. (rii/dhn)