detikNews
Kamis 24 Desember 2015, 09:50 WIB

Angkasa Pura I Lakukan Antisipasi Agar Kru Pesawat Agar Tidak Terlibat Narkoba

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Angkasa Pura I Lakukan Antisipasi Agar Kru Pesawat Agar Tidak Terlibat Narkoba Foto: Ari Saputra
Semarang - Ditangkapnya Pilot Sandi Haryadi (SH) oleh BNN di Tangerang menjadi preseden buruk penerbangan Indonesia. PT Angkasa Pura I pun akan melakukan evaluasi meski peristiwa tersebut terjadi tidak pada wilayahnya.

Hal itu diungkapkan General Manager PT Angkasa Pura I Bandara hamad Yani Semarang, Priyo Jatmiko. Ia mengatakan evaluasi akan dilakukan untuk mencegah adanya kru pesawat mengkonsumsi narkoba, apapun maskapainya.

"Ini kejadian di tempat lain, kita tetap akan evaluasi di tempat kita," kata Priyo kepada detikcom.

Pihaknya juga sudah berdiskusi dengan  kepolisian dalam hal ini Polda Jawa Tengah. Diskusi tersebut juga menyangkut tentang prosedur sterilisasi utuh terhadap maskapai seperti halnya tes urine. Namun hal itu tergantung dengan situasi dan koordinasi dengah berbagai pihak.

"Kami sempat diskusi dengan teman Polda, suatu saat nanti akan lakukan hal-hal tentang sterilisaisi utuh kepada airlines, dan  diambil sampling. Tapi kita lihat situasional, kita juga  harus koordinasi yang baik," pungkasnya.

Ia menegaskan untuk saat ini sterilisasi dilakukan secara adil yang artinya antara penumpang dan kru maskapai tetap dilakukan pengecekan saat masuk atau keluar bandara dengan ketat.

"Pemberlakuan masuk bandara tidak ada diskriminasi terhadap siapapun. Kru juga diperlakukan sama, tetap stererilisasi. SOP-nya seperti yang lain, kalau  x-ray bunyi ya dilepas semua, kru juga sama," tegasnya.

Diketahui, SH yang memiliki ID Lion Air itu ditangkap BNN bersama 3 orang rekannya di sebuah apartemen di kawasan Tangerang saat sedang berpesta sabu pada 19 Desember 2015. Tiga orang yang turut diciduk BNN adalah pramugara bernama Muhammad Taufan (23), pramugari Syifa Ranida (20) dan satu ibu rumah tangga berinisial NN.
(alg/dra)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com