DetikNews
Kamis 10 Desember 2015, 16:47 WIB

Uji Coba Terbang Mei 2016, Pesawat N219 Masih Tunggu Nama dari Jokowi

Nur Khafifah - detikNews
Uji Coba Terbang Mei 2016, Pesawat N219 Masih Tunggu Nama dari Jokowi Pesawat N219 (Foto: Agung Pambudhy/detikFoto)
Bandung - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) dan PT Dirgantara Indonesia (PTDI) menunjukkan penampilan perdana pesawat N219 di hanggar PTDI. Pesawat buatan anak negeri ini akan difokuskan untuk transportasi di daerah terpencil.

Kemunculan perdana pesawat N 219 tersebut diresmikan oleh Menko Polhukam Luhut Pandjaitan yang mewakili Presiden Jokowi. Sedianya selain penampilan perdana, pesawat berkapasitas 19 penumpang ini akan diberi nama. Namun karena Presiden batal hadir, rencana pemberian nama juga dibatalkan.
Pesawat N219 (Foto: Agung Pambudhy/detikFoto)
"Nanti Presiden yang akan beri nama. Itu privilege Presiden," ujar Menko Luhut dalam acara penampilan perdana pesawat N219 di PTDI, Jl Pajajaran, Bandung, Kamis (10/12/2015).

Luhut menyampaikan permohonan maaf Jokowi yang tak dapat hadir dalam acara tersebut. Namun menurutnya, Jokowi sangat bangga dan mendukung pengembangan pesawat yang murni hasil buatan anak bangsa ini.
Luhut saat berpose di Pesawat N219 (Foto: Agung Pambudhy/detikFoto)
Sementara itu Kepala Lapan Thomas Djamaluddin menjelaskan, pesawat tersebut saat ini belum siap terbang. Masih ada hal-hal teknis yang harus dikembangkan hingga pesawat dengan 2 mesin ini siap untuk diuji.

"Rencana Mei 2016 baru mau dilakukan uji coba terbang," ujar Thomas.

Setelah melengkapi berbagai proses administrasi, pesawat berwarna putih ini akan mulai diproduksi secara resmi pada tahun 2017.
(kff/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed