Foya-foya dengan Cabe-cabean, Pria Ini Gasak Perhiasan Juragan Kos Rp 50 Juta

Rini Friastuti - detikNews
Selasa, 08 Des 2015 15:33 WIB
Foto: Rini Friastuti/detikcom
Jakarta - Aksi GM (25) bikin geleng-geleng kepala. Demi mengambil hati perempuan cabe-cabean, dia nekat mengasak perhiasan milik juragan kos senilai Rp 50 juta.

GM melakukan aksinya di sebuah rumah di Jl Pangeran Antasari, GG Saraswati, Cipete Utara. "Peristiwa ini terjadi 30 November lalu sekitar pukul 12.09 WIB. Pihak kami menerima laporan pencurian sebuah rumah kosong milik Bintang Wijaya," ujar Kapolsek Kebayoran Baru, Kompol Agustinus Ari Purwanto kepada wartawan di Mapolsek Kebayoran Baru, Selasa (8/12/2015).
Tersangka GM

Ari mengatakan GM melakukan pencurian dengan cara mencongkel jendela rumah menggunakan dongkrak mobil. "Setelah berhasil masuk ke rumah juragan kos, pelaku lalu mengambil perhiasan, kalung, cincin, jam tangan, dan uang yang totalnya mencapai Rp 50 juta," jelasnya.

GM yang tercatat sebagai warga di Jalan Damai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan lalu kabur. Pemilik rumah, Bintang Wijaya, kaget kediamannya dibobol maling. Bintang kemudian melaporkan ke Polsek Kebayoran Baru.

Setelah melakukan olah TKP dan penyelidikan, polisi akhirnya menangkap GM. Menurut pengakuan Bintang sebagai pemilik rumah, GM kerap berada di sekitar lingkungan rumahnya.

"Pelaku suka berada di situ untuk main ke tempat-temannya. Temannya ini kan tetangga korban tapi temannya tak terlibat. Makanya, pelaku tahu kapan pemilik rumah ini tidak ada di rumah. Kemarin, pelaku berhasil kami amankan dan dia mengaku baru pertama kali melakukannya dan dia sendirian," kata Ari.

Setelah ditangkap GM mengaku telah menjual sebagian harta curiannya sebanyak Rp 16 juta. Hasilnya dipakai untuk memenuhi kebutuhan dan berfoya-foya bersama wanita penghibur alias cabe-cabean. "Saya pakai buat nyenengin cabe-cabean. Nanti kalau sudah seneng, baru saya porotin (duitnya). Dulu juga saya pernah ngambil barang-barang pacar saya eh saya malah diaduin ke ortunya dan polisi, tapi bukan di Kebayoran," kata GM sambil menunduk.

Menurut Ari, seluruh barang yang dicuri GM diamankan. "Pelaku kami jerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, ancaman hukuman 7 tahun penjara," ujar Ari. (rii/aan)