DetikNews
Minggu 29 November 2015, 13:59 WIB

Tersandung Kasus Penipuan, Sandy Tumiwa akan Diserahkan ke Kejaksaan Senin

Mei Amelia R - detikNews
Tersandung Kasus Penipuan, Sandy Tumiwa akan Diserahkan ke Kejaksaan Senin Foto: Noel (detikHOT)
Jakarta - Kasus penipuan investasi yang melibatkan artis Sandy Tumiwa akan segera memasuki babak baru. Penyidik Subdit Keamanan Negara (Kamneg) Ditreskrimum Polda Metro Jaya akan segera menyerahkan mantan suami Tessa Kaunang itu ke kejaksaan.

"Senin besok akan kita serahkan ke kejaksaan. Itu kasusnya kan sudah lama P21-nya, tinggal tahap dua," ujar Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya, Kombes Krishna Murti kepada wartawan di Bundaran HI, Jakpus, Minggu (29/11/2015).

Sementara itu, Krishna menegaskan, tidak ada keterlibatan artis Tessa yang saat itu masih istri tersangka di kasus tersebut. "Kalaupun ada aliran dana ke istrinya, dia kan tidak tahu uang itu dari mana," imbuhnya.

Krishna mengatakan, penipuan itu hanya dilakukan Sandy bersama rekannya seorang perempuan, Atriana alias Cici. Keduanya yang menarik investasi dari para korban.

Pria bernama lengkap Sandy MI Tumiwa ini menghimpun dana hingga miliaran rupiah dari para korban, bersama Cici. Keduanya mendirikan perusahaan di bidang trading forex PT CSM Bintang Indonesia dengan komisaris utama tersangka Sandy dan Cici selaku direktur utama.

Penipuan ini dilakukan pada Februari 2012 lalu dengan total member sekitar 19 orang lebih. Salah satu korban yakni pedangdut Annisa Bahar yang tertipu hingga Rp 2 miliar lebih.

Modus kedua tersangka yakni menghimpun dana investasi dari para korban dengan menjanjikan bonus sebesar 40 persen per bulan dari nilai yang diinvestasikan. Keduanya juga menjanjikan bonus tambahan jika para investor bisa mengajak rekan-rekannya untuk ikut berinvestasi serta menjanjikan bonus sebuah mobil BMW bagi sponsor dengan nilai tertinggi.

Namun, janji tidak semanis madu. Para korban hanya diberikan keuntungan setelah dua bulan. Setelah itu, kedua tersangka selalu berkelit jika diminta pertanggung jawabannya.


(mei/Hbb)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed