detikNews
Rabu 18 November 2015, 12:55 WIB

Kini Jimly Asshiddiqie Punya 'Pelipur Lara' Tak Lolos Jadi Pimpinan KPK

Yudhistira Amran Saleh - detikNews
Kini Jimly Asshiddiqie Punya Pelipur Lara Tak Lolos Jadi Pimpinan KPK Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie gagal menjadi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Namun, meski tak lolos, Jimly kini punya jabatan baru yang membuatnya merasa bersyukur.

Apa jabatan barunya?

Pagi ini, Jimly dilantik menjadi Ketua Penasihat Ranting PP Muhammadiyah Pondok Labu. Jimly menjadi ketua penasihat dari Ketua Ranting yang pernah menjabat selama dua periode sebagai Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin.

"Saya bersyukur. Meski tidak lolos proper test KPK, namun saya lolos menjadi penasihat ranting Muhammadiyah Pondok Labu," kata Jimly Asshidiqie di pelataran Masjid Al Bay'ah, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (18/11/2015).

Jimly pun menambahkan, dilantiknya Din Syamsuddin menjadi Ketua Ranting PP Muhammadiyah Pondok Labu merupakan contoh yang baik. Bahwa hal ini membuktikan Din Syamsuddin tidak mengejar jabatan.

"Peristiwa ini sangat penting dan bersejarah. Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah menjadi ketua ranting Muhammadiyah. Semoga ini menjadi contoh untuk yang lain, terutama elemen bangsa yang saat ini nampak ramai mengejar jabatan. Dari wali kota ingin jadi gubernur dan seterusnya," lanjutnya.

Din Syamsuddin mengukir sejarah baru. Dia menjadi satu-satunya mantan Ketum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah yang masih melanjutkan bakti di ormas tersebut dengan menjadi kepala ranting. Din menjadi Kepala Ranting -- yang merupakan setingkat kelurahan -- Muhammadiyah, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan.

Ranting Pondok Labu ini merupakan ranting baru. Peresmian ranting dan pelantikan Din, dilakukan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Jakarta Selatan Daliman Sofyan.
(yds/faj)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com