detikNews
Rabu 18 November 2015, 11:14 WIB

Lengser dari Ketum PP, Din Syamsuddin Jadi Ketua Ranting Muhammadiyah

Yudhistira Amran Saleh - detikNews
Lengser dari Ketum PP, Din Syamsuddin Jadi Ketua Ranting Muhammadiyah Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Din Syamsuddin mengukir sejarah baru. Dia menjadi satu-satunya mantan Ketum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah yang masih melanjutkan bakti di ormas tersebut dengan menjadi kepala ranting.

Din menjadi Kepala Ranting -- yang merupakan setingkat kelurahan -- Muhammadiyah, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan. Ranting Pondok Labu ini merupakan ranting baru. Peresmian ranting dan pelantikan Din, dilakukan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Jakarta Selatan Daliman Sofyan, Rabu (18/11/2015).

Peresmian yang berlangsung di pelataran Masjid Al Bay'ah ini dimulai dengan pembacaan ayat suci Al Quran. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan pelantikan pengurus ranting Muhammadiyah Pondok Labu, Cilandak oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Jakarta Selatan.

Usai dilantik, Din Syamsuddin menyampaikan dalam pidatonya bahwa dirinya akan berusaha membuat sekolah bertaraf internasional Muhammadiyah di kawasan Pondok Labu. Din juga menyampaikan ranting yang dipimpinnya juga akan membuat badan amal di bawah naungan Muhammadiyah.

"Alhamdulillah sebuah ranting baru Muhammadiyah di Pondok Labu sudah diresmikan. Tingkat kecamatan, cabang belum ada. Namun mari kita mulai dari ranting. Dan disini ada 3 ranting Aisyiyah," kata Ketua Ranting Muhammadiyah Din Syamsuddin di pelataran Masjid Al Bay'ah, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (18/11/2015).

"Muhammadiyah adalah organisasi sarana perjuangan. Sarana masyarakat luas. Ranting ini nanti juga akan mendirikan amal-amal usaha Muhammadiyah. Supaya ada sekolah Muhammadiyah yang representatif. Membuat sekolah internasional Muhammadiyah," lanjutnya.

Din juga menyampaikan akan mengadakan pengajian bulanan di wilayah ranting yang dia pimpin. Pelantikan ini disaksikan juga oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dan Ketua Aisyiyah Siti Noordjanah.

Peresmian dan pelantikan ranting Muhammadiyah Pondok Labu ini juga dimeriahkan oleh tari Saman oleh pemudi Muhammadiyah.

Ada sejumlah tokoh ternama yang duduk dalam dewan penasihat ranting Muhammadiyah Pondok Labu. Berikut susunan lengkap pengurus ranting Muhammadiyah Pondok Labu:

Pimpinan:
Ketua umum HM Din Syamsuddin
Ketua Akhmad Ikhwan Thoyyib
Ketua Yus Rusamsi
Ketua Sutrisno Hadi
Ketua Budiman
Ketua Firman Mediansyah
Ketua Muhammad Nurul Ikhsan
Ketua Titi Halimah

Penasihat:
Jimly Asshiddiqie (Ketua DKPP, mantan ketua MK)
Ryaas Rasyid (mantan Menteri PAN dan Wantimpres)
Jurnalis Uddin (tokoh bidang kesehatan)
Adi Sasono (mantan menteri Koperasi dan UKM)
Anies Baswedan (Mendikbud)
Rully Chaerul Azwar ( mantan anggota DPR)
Henry Yosodiningrat (anggota DPR)
Asmauddin


(yds/faj)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com