Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Gelar Lomba Aplikasi Pilkada Serentak

Rina Atriana - detikNews
Minggu, 08 Nov 2015 10:58 WIB
Foto: Andhika Akbaransyah
Jakarta - Sebanyak 42 tim ikut serta dalam lomba 'Pilkada Serentak Apps Challenge' yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Lomba ini diharapkan bisa jadi salah satu pemicu untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pilkada serentak 9 Desember 2015 mendatang.

"Semoga lomba ini bisa menghadirkan aplikasi-aplikasi yang beragam di pilkada. Tidak hanya dalam konten pilkadanya, tapi kreatif-kreatifnya. Terutama untuk meningkatkan partisipasi pemilih," kata Ketua KPU Husni Kamil Manik saat memberi sambutan di gelaran final lomba di Gedung KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Minggu (8/11/2015).

Lomba dimulai sejak 23 Oktober 2015. Hari ini merupakan penjurian final dan pemenang akan diumumkan sekitar pukul 16.30 WIB sore nanti. Aplikasi yang dibuat melputi website atau aplikasi mobile.

Mereka diberi kesempatan berkreasi membuat nama website atau aplikasi sesuai keinginan mereka. Data-data kepemiluan dapat diambil langsung dari website KPU. Isi aplikasi terdiri dari calon kepala daerah, data pemilih, dan jadwal-jadwal lain terkait Pilkada.

Menurut salah satu peserta, Ridwan Sumantri, ia mengikuti lomba ini karena merasa selama ini informasi untuk pemilih masih minim. Website ridwan sendiri bisa diakses di pemiluakses.info.

"Persiapan saya kurang dari seminggu. Saya aware dengan kepemiluan. Diharapkan masyarakat mendapat informasi dari website ini," kata karyawan swasta asal Jakarta itu.

Selain Husni, hadir pula Ketua Perludem Didi Supriyanto dan Komisioner KPU Ferry Rizky Kurniansyah di acara pembukaan final lomba aplikasi hari ini.

Peserta ada yang tergabung dalam tim, ada pula yang memilih sendirian. Mereka berasal dari beragam latar belakang, di antaranya mahasiswa dan pihak swasta.

(rna/fdn)