Penampakan Spesies Baru yang Ditemukan LIPI di Pulau Enggano

Fajar Pratama - detikNews
Jumat, 06 Nov 2015 10:42 WIB
Foto: dok. LIPI/ikan mugllogoblus
Jakarta - Tim peneliti Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI) melakukan Ekspedisi Enggano, Bengkulu pada 16 April-5 Mei 2015 silam. Ada sejumlah temuan menarik dari ekspedisi ini. Dari ikan hingga kelelawar.
dok.LIPI/Ikan Hypseleotris

LIPI berbagi foto-foto spesies baru itu. Amir Hamidy selaku Ketua Tim Ekspedisi Enggano LIPI menyampaikan banyak temuan menarik berupa beberapa spesies baru dan catatan baru, khususnya dari kelompok mamalia. Cynopterus brachyotis (codot krawar) dan Hipposideros cervinus (kelelawar gua) adalah dua catatan baru dari Tim Ekspedisi Enggano.
dok.LIPI/Ikan Redigobius

Tim juga menemukan dua jenis udang baru yaitu Macrobrachium bariense dan M. Placidulum. Kedua jenis ini biasanya hanya ada di sebelah timur garis Wallace. Tapi kali ini ditemui di Enggano. "Biasanya ukurannya relatif besar, tetapi yang dijumpai di Enggano berukuran kecil dan sudah dewasa," tutur Amir.
dok.LIPI/Hippociderus cervinus

Kekayaan fauna dan flora yang selama ini jarang terjamah di Pulau Enggano juga didata oleh tim. "Dari jenis fauna, kami mengungkapkan ada 35 jenis burung, 13 jenis mamalia kecil, 3 jenis mamalia besar, 13 jenis reptil, 2 jenis amfibi, 52 jenis ikan, serangga (ngengat 100 jenis, kupu-kupu 4 famili, capung 15 jenis, lalat buah 3 jenis), 24 jenis moluska dan 25 jenis udang.
dok.LIPI/Cynopterus Brachyotis

Dalam ekspedisi ini, Tim Ekspedisi Enggano juga menemukan ular tikus Enggano yang sudah dianggap punah. "Dari data, terakhir ular ini ditemukan tahun 1936. Status konservasinya menjadi jelas. Bukti otentik spesies tersebut tidak punah," kata Amir.
dok.LIPI/Ikan Stenogobius

Kegiatan eksplorasi di Pulau Enggano ini diikuti para peneliti lintas satuan kerja seperti dari Pusat Penelitian Biologi, Pusat Penelitian Bioteknologi, Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor dan Pusat Penelitian Biomaterial. Kegiatan eksplorasi Bioresources ini dirancang berkesinambungan dari eksplorasi, identifikasi, analisis potensi dan pemanfaatan.

(dra/dra)