DetikNews
Selasa 27 Oktober 2015, 04:43 WIB

Laporan Dari Washington DC

Di Depan Obama, Jokowi Tegaskan Indonesia Berpenduduk Muslim Terbesar dan Toleran

Mega Putra Ratya - detikNews
Di Depan Obama, Jokowi Tegaskan Indonesia Berpenduduk Muslim Terbesar dan Toleran Foto: Mega Putra Ratya/Detikcom
Washington DC - Presiden Joko Widodo bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Barack Obama di Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat. Dalam kesempatan itu Jokowi menjelaskan soal demokrasi dan toleransi di Indonesia.

Di depan Obama, Jokowi mengatakan Indonesia adalah negara berpenduduk muslim terbesar di dunia. Indonesia menganut paham demokrasi dan toleransi yang tinggi.

"Indonesia adalah negara muslim terbesar di dunia, dan merupakan negara demokrasi terbesar di dunia. Indonesia islam moderat, islam modern, islam toleran, kami yakin islam di Indonesia mampu berperan penting dalam menjaga demokrasi dan menentang radikalisme dan terorisme," ujar Jokowi saat jumpa pers bersama Barack Obama di Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat, Senin (26/10/2015).

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyampaikan pernyataannya menggunakan Indonesia yang kemudian diterjemahkan ke bahasa Inggris. Begitu pula dengan Obama, yang menyampaikan pernyataannya dengan bahasa Inggris yang kemudian diterjemahkan ke Bahasa Indonesia.

Selain soal demokrasi dan Islam, Jokowi juga menjelaskan soal ekonomi di Indonesia. Jokowi berharap kerjasama dua negara di bidang ekonomi bisa lebih ditingkatkan.

"Ekonomi Indonesia ekonomi terbuka. 250 juta penduduk Indonesia. Ekonomi terbesar di Asia Tenggara," kata Jokowi.


"Indonesia adalah salah satu negara terbesar dalam ekonomi digital. Menetapkan teknologi jadi prioritas Indonesia. Saya mengajak Amerika kerjasama dalam ekonomi digital," tambah Jokowi.


(jor/rii)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed