DetikNews
Rabu 21 Oktober 2015, 16:48 WIB

Kemenag Segera Bikin Permen Prioritas untuk Calon Haji Pertama Kali

Andi Saputra - detikNews
Kemenag Segera Bikin Permen Prioritas untuk Calon Haji Pertama Kali
Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) sehera membikin Peraturan Menteri Agama (Permenag) tentang prioritas bagi calon jamaah haji pertama masuk daftar kuota. Hal ini untuk melaksanakan perintah Mahkamah Konstitusi (MK). 

"Yang akan diatur, sekali lagi diatur oleh Kemenag adalah memprioritaskan mereka yang belum berhaji. Artinya kuota yang tersedia itu diprioritaskan bagi yang belum berhaji. Hal ini akan diatur dalam Peraturan Menteri Agama," kata Menag Lukman Hakim Saifuddin kepada detikcom, Rabu (21/10/2015).

Hal itu sebagaimana diamanatkan dalam ketentuan Pasal 29 ayat (2) UUD 1945 yang menyatakan 'Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu'. Meski demikian, MK meminta pemerintah membuat regulasi agar haji pemula mendapat prioritas didahulukan mendapat daftar antrean dibandingkan yang sudah pernah.

"Sistem komputerisasi haji terpadu (Siskohat) kami mampu mendeteksi siapa yang telah/belum berhaji," ucap Lukman.

Syarat yang lebih ketat bagi haji kedua sejalan dengan ketentuan Pasal 28J ayat (2) UUD 1945 yang menyatakan:

Dalam menjalankan hak dan kebebasannya, setiap orang wajib tunduk kepada pembatasan yang ditetapkan dengan undang-undang dengan maksud semata-mata untuk menjamin pengakuan serta penghormatan atas hak dan kebebasan orang lain dan untuk memenuhi tuntutan yang adil sesuai dengan pertimbangan moral, nilai-nilai agama, keamanan, dan ketertiban umum dalam suatu masyarakat demokratis

"Sejak awal Kemenag sama sekali tak berniat dan berkehendak untu melarang, membatasi, atau mempersulit siapapun untuk berhaji berulang-ulang. Dengan kata lain, mohon agar yang sudah berhaji sadar diri utk memberikan kesempatan bagi yang belum berhaji," pungkas Lukman.
(asp/van)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed