DetikNews
Jumat 16 Oktober 2015, 13:43 WIB

Kerusuhan di Aceh Singkil, Kapolri: Airgun Ketemu, Tinggal Kejar Pelakunya

Idham Kholid - detikNews
Kerusuhan di Aceh Singkil, Kapolri: Airgun Ketemu, Tinggal Kejar Pelakunya Foto: Nandar/pembaca
Jakarta - Satu warga tewas tertembak dalam bentrok yang pecah di Aceh Singkil. Kapolri Jenderal Badrodin Haiti mengatakan, polisi telah menemukan senjata airgun yang digunakan pelaku untuk menembak korban tersebut.

"Senjata sudah ketemu dan tinggal dikejar pelakunya. Diproses forensik pelurunya," kata Badrodin di Mabes Polri Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (16/10/2015).

Badrodin tidak merinci dimana senjata airgun itu diketemukan. Polisi saat ini masih mengejar pelaku yang menembakkan airgun tersebut.

Sementara itu, lanjut Badrodin, kondisi di Aceh Singkil saat ini telah aman dan kondusif. Penambahan pasukan dari satuan TNI dan Brimob Polda Aceh juga telah diterjunkan.

"Saya harapkan (masalah ini) bisa diselesaikan karena ada kesepakatan yang harus dibangun bersama," ujarnya.

Mantan Kapolda Sumatera Utara itu menjelaskan, ribuan pengungsi Aceh yang kini berada di wilayah Provinsi Sumut akan dikembalikan secara bertahap ke Aceh.

"(pengungsi) Sudah ditangani pemda masing-masing. Masih kami jaga sampai beberapa saat kemudian," tandasnya.

Dalam bentrokan yang menyebabkan sebuah gereja terbakar itu, Polres Aceh Singkil telah menetapkan 10 tersangka. Tiga tersangka telah ditahan, sedangkan 7 lainnya masih dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).
(idh/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed