Usai Ikuti HUT TNI, Pesawat Hawk dan F16 Kembali ke Home Base di Pekanbaru

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Rabu, 14 Okt 2015 17:05 WIB
Foto: Chaidir Anwar Tanjung/detikcom
Pekanbaru - Setelah mengikuti kegiatan  HUT ke-70 TNI, kini pesawat tempur Hawk dan F16 kembali ke home basenya di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru. Pesawat tempur akan kembali mengawal langit Indonesia Bagian Barat.

Kedatangan pesawat Hawk 100/200 dan F16 itu disambut Komandan, Lanud Roesmin Nurjadin, Marsma TNI  Henri Alfiandi, Rabu (14/10/2015). Henri menjelaskan, bahwa dalam rangka mengisi HUT ke-70 TNI di Dermaga Pantai Indah Kiat Cilegon, Banten, tim Skuadron 12 dan Skuadron 16 Lanud Roesmin Nurjadin ikut andil.

Henri menjelaskan, sebanyak lima pesawat Hawk 100/200 Skuadron Udara 12 dan lima pesawat F-16 Fighting Falcon Skuadron Udara 16 terlibat dalam rangka peringatan HUT TNI yang ke-70 tahun ini. Kedua skuadron udara itu sudah diberangkatkan sejak 20 September lalu.
penampakan pesawat tempur di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru


"Saya atas nama pribadi serta Lanud Roesmin Nurjadin mengucapkan selamat serta rasa bangga atas keberhasilan pelaksanaan tugas yang telah dijalankan oleh personel Skuadron Udara 12 dan 16 dalam rangka peringatan HUT ke-70 TNI pada 5 Oktober kemarin," ujar Marmas Henri.

Lebih lanjut Danlanud mengatakan seusai melaksanakan tugas pada HUT ke-70 TNI, seluruh personel Skuadron Udara 12 dan 16 harus bersiap untuk kembali menjalankan misi berikutnya baik latihan ataupun operasi-operasi sesuai dengan tugas pokoknya.

Untuk sekedar diketahui, Danskuadron Udara 12 dijabat Letkol Pnb Jajang Setiawan. Jajang belum lama ini menembus terbang di atas 2.000 jam.

Sedangkan, Danskadron Udara 16 Letkol Pnb Firman Dwi C, Sang Komandan Skuadron F16 ini personel yang menjemput pesawat F16 dari Amerika yang dibawa ke Indonesia.

Lanud Roesmin Nurjadin, adalah satu-satunya pangkalan udara di Indonesia Bagian Barat yang memiliki pesawat tempur. Lanud Roesmin Nurjadin memiliki tugas menjaga wilayah udara Indonesia bagian barat.

Henri Alfiandi adalah komandan pertama berpangkat bintang satu di Lanud Roesmin Nurjadin, setelah naik tipe dari B menjadi pangkalan udara tipe A.

(cha/jor)