DetikNews
Jumat 09 Oktober 2015, 16:59 WIB

Kepuasan Publik Pada Jokowi Hanya 46 Persen, Seskab: Akan Naik Kembali

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Kepuasan Publik Pada Jokowi Hanya 46 Persen, Seskab: Akan Naik Kembali Foto: Bagus PN
Jakarta - Lembaga survei Indo Barometer merilis hasil riset yang menunjukkan tingkat kepuasan publik terhadap satu tahun pemerintahan Jokowi-JK sebesar 46 persen. Angka ini menurun jika dibandingkan hasil survei Indo Barometer pada enam bulan pemerintahan Jokowi-JK yakni 57,5 persen.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung tak menepis hasil survei tersebut. Namun dia yakin angka kepuasan terhadap kinerja pemerintah akan kembali naik.

"Pertama survei itu kan menunjukkan ketika survei dilakukan jadi memang kalau dilihat awal September sampai dengan minggu kedua ketiga September, itu kan memang tekanan terhadap kurs rupiah sedang dahsyat-dasyatnya. Tapi kalau survei dilakukan pada hari ini, di mana kurs sudah kembali pada angka kurang lebih Rp 13.400 sampai Rp 13.500 kemudian IHSG juga mengalami penaikan, kemudian ada stabilisasi persoalan ekonomi," kata Pramono saat berbincang di kantornya, Kompleks Sekretariat Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Jumat (9/10/2015).

Pramono memaklumi bahwa persepsi publik menurun karena pada saat survei dilakukan, mata uang Garuda sedang menukik. Nilai tukar Rupiah terhadap Dollar AS mencapai angka Rp 14.800.
Selain itu persoalan bencana kabut asap juga tentu menjadi sorotan masyarakat. Meski pemerintah telah mengerahkan segala upaya, tetapi memang perlu waktu untuk mengatasi bencana itu di saat El Nino.

"Walau pun tidak bisa ditutup masih ada persoalan yang berkaitan dengan asap, maka sekarang Presiden di Sumbar, Pekanbaru dan Jambi. Beliau sekarang ada di Kampar, Riau," kata Pramono.

Pramono yakin publik akan kembali memberi kepercayaan kepada pemerintah seiring perubahan yang dilakukan. Pramono juga mengapresiasi survei menjelang satu tahun pemerintah ini, meski pun pemerintah juga tak sekadar berpatokan pada survei dalam menentukan kebijakan.

"Ya, apa pun kami memberikan apresiasi terhadap yang melakukan survei. Tapi kami meyakini kalau turbulensi ini bisa diatasi dan juga persoalan-persoalan asap mudah-mudahan dalam waktu dekat akan diatasi, kami yakin persoalan ini kepuasan publik terhadap Presiden Jokowi, pada pemerintahan akan naik kembali," tutur Pramono.

"Survei kan tetap survei. Ya masa pemerintah bekerja berdasarkan survai itu? Enggak juga lah," lanjut dia.


(bpn/erd)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed