DetikNews
Kamis 01 Oktober 2015, 18:18 WIB

Menlu Retno: Indonesia Tetap Perjuangkan Kemerdekaan Palestina

Yudhistira Amran Saleh - detikNews
Menlu Retno: Indonesia Tetap Perjuangkan Kemerdekaan Palestina Foto: Kementerian Luar Negeri
New York - Bendera nasional Palestina akhirnya berkibar di kantor pusat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat. Bendera tersebut berkibar pada Rabu, 30 September waktu setempat.

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi dan Kepala Perwakilan Tetap RI untuk PBB Dubes Desra Percaya menyaksikan momen bersejarah tersebut. Usai menyaksikan, Retno mengatakan bahwa pengibaran bendera Palestina merupakan langkah awal bangsa tersebut diterima secara penuh oleh PBB.

"Pengibaran bendera ini adalah langkah awal bangsa Palestina untuk diterima menjadi anggota penuh di PBB. Pengibaran bendera bukan merupakan langkah akhir," ujar Retno kepada detikcom, Kamis (1/10/2015).

Retno menambahkan bahwa Indonesia tetap akan memperjuangkan kemerdekaan dan keanggotaan penuh Palestina di PBB. Indonesia yang jelas sangat gembira dan terharu bahwa bendera Palestina sudah berkibar di kantor pusat PBB.

"Indonesia akan terus bersama Palestina untuk memperjuangkan kemerdekaan dan keanggotaan penuhnya di PBB," tegasnya.

Sebelumnya, Presiden Palestina Mahmoud Abbas menyebut pengibaran bendera ini sebagai sebuah pertanda. "Hari berkibarnya bendera di atas negara Palestina akan segera tiba. Di atas Yerusalem, ibukota negara Palestina kami," tutur Abbas.

Dalam upacara simbolis pengibaran bendera yang dipimpin Ban tersebut, Abbas menyerukan agar PBB juga memberikan status keanggotaan penuh bagi Palestina, di tengah kebuntuan proses perdamaian dengan Israel.
(yds/erd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed