DetikNews
Kamis 01 Oktober 2015, 18:07 WIB

Fahri: Tanpa Kemerdekaan, Bendera Palestina di PBB Sama Juga Bohong

Indah Mutiara Kami - detikNews
Fahri: Tanpa Kemerdekaan, Bendera Palestina di PBB Sama Juga Bohong Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menilai pengibaran bendera Palestina di Markas PBB hanya simbolik semata. Simbol itu perlu dilanjutkan dengan dukungan negara-negara lain agar Palestina merdeka.

"Saya anggap ini baru peristiwa simbolik, harus ada yang lebih substantif yaitu pengakuan penuh terhadap kedaulatan negara Palestina," kata Fahri di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (1/10/2015).

Fahri menuturkan bahwa yang dibutuhkan Palestina saat ini adalah pembentukan pemerintahan secara medeka dan keluar dari intervensi Israel dan negara lain. Palestina juga perlu menyiapkan pemilu independen dengan bantuan dari dunia internasional.

"Kalau sekadar pengibaran bendera tapi Palestina tidak dibantu membangun negara yang independen dan bebas merdeka, sama juga bohong. Ini simbol saja," ungkap politikus PKS ini.

Dunia perlu mendukung Palestina untuk menjadi negara merdeka yang berdaulat dan independen dengan cara membantu proses transisi dan Pemilu. Penolakan-penolakan atas pengibaran bendera Palestina di PBB ini masih ada karena invasi juga masih ada.

"Pasti ada yang tidak paham dan tidak mau ada kemajuan setahap demi setahap. Sebab buat mereka, sangat mengkhawatirkan Palestina jadi negara merdeka dan independen," ucap Fahri.

Menurutnya, sikap Indonesia tidak mungkin goyah dari komitmen UUD 1945 untuk mendukung Bangsa lain bebas dari penjajahan. Dia pun yakin sikap itu tidak mungkin berubah.

"Tidak mungkin goyah dari komitmen UUD 1945 bahwa kita mendukung segala bangsa untuk merdeka dan lepas dari penjajahan dan tidak terkecuali tentu dan utamanya adalah Palestina. Karena Bung Karno ingatkan kita, kemerdeakan Palestina adalah perjuangan abadi bangsa Indonesia," tutupnya.
(imk/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed