DetikNews
Kamis 01 Oktober 2015, 17:15 WIB

Istana: Pengibaran Bendera Palestina di PBB Simbol, Esensinya Kemerdekaan

Indah Mutiara Kami - detikNews
Istana: Pengibaran Bendera Palestina di PBB Simbol, Esensinya Kemerdekaan Foto: REUTERS/Andrew Kelly
Jakarta - Pemerintah RI menganggap pengibaran bendera Palestina di PBB hanyalah simbol awal. Esensi yang dikejar adalah kemerdekaan Palestina dan itu adalah yang diinginkan oleh Presiden Jokowi.

"Kemerdekaan Palestina sudah menjadi tujuan banyak pihak. Saya dan Presiden Jokowi memang menginginkan kemerdekaan Palestina," kata Seskab Pramono Anung di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (1/10/2015).

Wakil Ketua Komisi I Hanafi Rais sebelumnya mendesak pemerintah Indonesia untuk membuka kantor perwakilan di Palestina. Pramono menyebut hal itu bukan prioritas saat ini.

"Menurut saya, persoalannya itu bukan di situ, tapi Palestina merdeka dulu. Itu kita support terus," ucap Pramono.

Sebelumnya diberitakan, untuk pertama kalinya, bendera nasional Palestina berkibar di kantor pusat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat pada Rabu, 30 September waktu setempat. Sekjen PBB Ban Ki-moon menyambut peristiwa bersejarah ini.

"Ini hari kebanggaan bagi warga Palestina di seluruh dunia. Ini hari harapan. Ini pengingat bahwa simbol-simbol itu penting," ujar Ban seperti dilansir The Guardian, Kamis (1/10/2015).
(imk/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed