DetikNews
Kamis 01 Oktober 2015, 15:38 WIB

Komisi I DPR: Indonesia Harus Segera Punya Konjen di Palestina

Indah Mutiara Kami - detikNews
Komisi I DPR: Indonesia Harus Segera Punya Konjen di Palestina Foto: REUTERS/Mohamad Torokman
Jakarta - Palestina kini berstatus sebagai observer di PBB dan benderanya berkibar di markas PBB. Komisi I DPR menilai perjuangan Indonesia untuk Palestina tidak boleh berhenti sampai di situ.

"Pengibaran bendera Palestina di PBB memang sebuah terobosan diplomatik yang bersejarah, namun Indonesia dan dunia tidak boleh berpuas sampai di sini saja," kata Wakil Ketua Komisi I DPR Hanafi Rais saat dihubungi, Kamis (1/10/2015).

Hanafi menuturkan bahwa persoalan para pengungsi Palestina di kamp pengungsian harus diprioritaskan saat ini. Dengan begitu, mereka bisa berintegrasi dengan yang tinggal di negara Palestina.

"Di sisi lain, dunia termasuk Indonesia juga harus secara bersamaan dan terus-menerus meminta agar Israel menarik diri dan menghentikan pendudukan lahan-lahan di bumi Palestina," ujar Waketum PAN ini.


Komitmen pemerintah Indonesia dalam mendukung Palestina juga ditunggu untuk dibuktikan. Indonesia harus bisa memiliki perwakilan di Palestina.

"Setelah pengibaran ini, Indonesia harus segera menargetkan bahwa Indonesia betul-betul bisa punya perwakilan di Palestina, minimal konjen kehormatan, seperti janji Presiden di KAA kemarin," ucap Hanafi.

"Ini momentum yang tepat," tutupnya.


(imk/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed