Motor Tenggelam di Tengah Muatan, Bagaimana Mengendarainya?

Rachmadin Ismail - detikNews
Jumat, 04 Sep 2015 14:00 WIB
Foto: Suparno (pasangmata)
Jakarta - Pengendara motor yang satu ini berpotensi membahayakan dirinya sendiri dan orang lain. Bagaimana tidak, motornya tenggelam oleh muatan sehingga nyaris tak terlihat. Bagaimana mengendarainya?

Suparno Jumar, salah seorang pengendara melihat motor tersebut di Jalan Karadenan, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Motor itu sedang parkir di pinggir jalan. Pengendaranya sedang bermain ponsel.

"Tadi pagi saya lihat dari arah Cibinong menuju Depok, sekitar pukul 07.00 WIB lewat. Saya lihat sepintas sedang berkomunikasi SMS lewat HP," terang Suparno yang mengirim informasi lewat pasangmata.com, Jumat (4/9/2015). Anda bisa mengirim informasi seperti Suparno dengan cara masuk ke pasangmata.com atau mendownload aplikasinya.

Motor tersebut berjenis bebek. Di belakangnya terlihat muatan karung yang ditumpuk menutupi seluruh badan motor. Dilihat sepintas, ada sekitar 20 karung di motor tersebut. Belum jelas apa muatannya, namun terlihat cukup penuh.

"Itu satu motor ketutup semua. Saya bingung bagaimana mengendarainya, kan spion nggak bisa terlihat, mau nengok kiri kanan juga susah," ungkap Suparno.

Bukan kali ini saja Suparno melihat pengendara seperti itu. Sebelumnya dia kerap menyaksikan beberapa motor yang mengangkut muatan berlebih. Biasanya, yang dibawa adalah jangkrik dan daun-daun kering makanannya.

"Jangkrik itu mau dibawa ke toko burung. Di sini banyak memang peternak jangkrik," ungkapnya.

Apa pun alasan pria tersebut membawa muatan berlebih di dalam motor, yang jelas sangat berbahaya. Bagaimana menurut Anda? (mad/faj)