Pasar Santa Tempat Asyik Nongkrong, Tapi Mungkin Perlu Ada yang Dibenahi

Dhani Irawan - detikNews
Senin, 24 Agu 2015 11:13 WIB
Foto: dhani irawan/detikcom
Jakarta - Jadi 'anak pasar' kini keren. Tengok saja di Pasar Santa, Jaksel, banyak 'anak pasar' nongkrong icip-icip makanan. Sambil bersenda gurau dan ngobrol ngalor ngidul.

Tapi kini Pasar Santa berangsur meredup. Sejumlah hal menjadi kendala. Mulai dari akses menuju lokasi yang macet, parkir yang sulit di lokasi, suasana yang gerah tanpa AC dan kipas angin besar, dan harga yang relatif lebih mahal.

Secara umum, Pasar Santa kini memang menjadi primadona bagi anak muda Jakarta. Meskipun berlokasi di sebuah pasar tradisional, tetapi kesan kumuh tak tampak di pasar yang berlokasi di Jalan Cipaku, Kebayoran itu.

Sebenarnya apabila ditengok dari luar, pasar itu terlihat seperti pasar pada umumnya. Di lantai dasar lebih didominasi

"Asyik sih tempatnya dan beberapa kali ke sini. Biasanya nyobain makanan aja dan buat jalan-jalan, tapi ya karena gerah jadi ya mungkin perlu ada kipas gede atau AC kali ya," kata seorang pengunjung bernama Rani, Jumat (21/8/2015).

Penilaian Rani memang tak ada salahnya. Di beberapa sudut pasar memang terkesan pengap walaupun tidak ada kesan kumuh.

Hal yang sama juga diutarakan pengunjung lainnya bernama Soraya. Apalagi ketika pengunjung Pasar Santa tengah ramai-ramainya di malam Sabtu atau malam Minggu.

"Wah, udah panas banget rasanya kalau ramai malam Minggu gitu," tutur Soraya. (dha/dra)