2 Lagi Jenazah Korban Jatuhnya Pesawat Hercules Berhasil Diidentifikasi

Jefris Santama - detikNews
Selasa, 11 Agu 2015 12:59 WIB
Foto: Jefris Santama
Medan - Dua lagi jenazah korban jatuhnya pesawat Hercules C-130 berhasil diidentifikasi. Dengan demikian hingga saat ini sudah ada 121 korban yang berhasil dikenali.

Kepala Bidang (Kabid) Dokkes Polda Sumut Kombes Pol Setyo Purwanto menyatakan, kedua jenazah itu dikenali setelah dicocokkan dengan data ante mortem. Data pembanding itu diperoleh dari keluarga korban.

Kedua jenazah tersebut yakni, Hari Tongan Padang (22) warga desa Pakpak Bharat, anak biologis Naik Padang. Selama ini jenazah itu disimpan di kantong jenazah 014. Sedangkan satu lagi jenazah yang berada di kantong jenazah 015 diidentifikasi sebagai Nasrulah (24) warga Aek Kanopan, anak biologis Sukandi.

"Data ante mortem yang kita terima itu sebanyak 31 dari keluarga yang menyerahkan. Kita dapat beberapa hari lalu. Kita ambil sampel dari orang tua," kata Setyo di Medan, Sumatera Utara (Sumut), Selasa (11/8/2015).

Dijelaskan Setyo, selama pemeriksaan hingga minggu lalu, yang berhasil diidentifikasi 2 jenazah. Jenazah tersebut berada di Rumah Sakit Bhayangkara, Medan.

"Sampel yang kita gunakan itu berupa lapisan dalam pipi," sambung Setyo.

Untuk jenazah yang belum teridentifikasi, kata Setyo, ada sebanyak 8 jenazah yang utuh. Pihaknya akan mengupayakan untuk mencari DNA dari kedelapan jenazah tersebut.

"Post mortem itu yang sulit menemukan profil DNA. Kita akan berupaya dengan metode yang ada. Jenazah yang belum teridentifikasi, agar keluarga menunggu informasi resmi dari kami," terang Setyo.

Pesawat Hercules C-130 milik TNI AU dengan registrasi nomor A-1310 jatuh di permukiman penduduk di Medan pada Selasa (30/6) siang. Saat kejadian pesawat itu membawa 122 penumpang dan awak pesawat.

Korban tewas akibat kejadian itu tercatat 129 orang, termasuk warga di darat yang menjadi korban jatuhnya pesawat itu. Saat ini masih ada 22 kantong jenazah berupa body part/potongan tubuh disimpan di Rumah Sakit Bhayangkara, Medan. (rul/try)