Laporan dari AS

Ramai dan Serunya WNI Berlebaran di Wisma Indonesia Washington

Shohib Masykur, - detikNews
Senin, 20 Jul 2015 05:52 WIB
Foto: Shohib/detikcom
Washington DC - Warga Indonesia yang tinggal di Washington DC dan sekitarnya mendatangi kediaman Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, biasa disebut Wisma Indonesia, untuk halal bihalal. Seperti biasa, acara yang rutin diselenggarakan tiap tahun itu dipadati pengunjung yang ingin bersilaturahmi dengan Dubes dan sesama masyarakat Indonesia.

"Ini adalah momen setahun sekali yang harus kita manfaatkan dengan baik. Lihat saja, orang berduyun-duyun datang ke sini untuk bersilaturahmi, mempererat tali persaudaraan di antara sesama warga Indonesia di sini," kata Duta Besar Budi Bowoleksono di sela acara yang dilaksanakan di Washington DC, AS, Sabtu (18/7/2015), atau sehari setelah lebaran.

Dubes yang akrab disapa Sonny ini menambahkan, Indonesia adalah negara dengan tradisi halal bihalal yang paling kental. Negara lain seperti Malaysia memang punya tradisi serupa, tapi tidak seramai Indonesia.

"Saya kemarin diundang oleh Malaysia, memang ada juga acara seperti ini tapi tidak seramai ini," ujarnya.

Pada acara yang dihadiri oleh sekitar 2000 orang tersebut, Dubes Sonny dan Wakil Dubes Sidharto Suryodipuro yang masing-masing didampingi istri menyambut para tamu di depan pintu Wisma Indonesia.

Masyarakat secara bergantian menyalami mereka dilanjutkan dengan foto bersama. Setelah itu, mereka menyantap hidangan berupa masakan Indonesia yang telah disiapkan.

Selain mengundang masyarakat Indonesia, Dubes juga mengundang mitra Indonesia di AS, seperti Dubes dari negara-negara ASEAN, Jepang, China, dan juga tokoh-tokoh AS yang dikenal dekat dengan Indonesia seperti mantan Dubes AS di Indonesia sekaligus mantan Presiden Bank Dunia Paul Wolfowitz. Usai halal bihalal di kediaman Dubes, warga beranjak ke kediaman Wakil Dubes untuk acara serupa. (dra/dra)