Pacman Bela Mary Jane, Fadli Zon: Kampanye Selamatkan Warga Sah Saja

Indah Mutiara Kami - detikNews
Jumat, 10 Jul 2015 18:56 WIB
Foto: Indah Mutiara Kami
Jakarta - Ketua DPR Setya Novanto dan Wakil Ketua DPR Fadli Zon bertemu petinju dunia asal Filipina, Manny Pacquiao yang membela terpidana mati, Mary Jane. Fadli menuturkan usaha Pacman itu wajar dan manusiawi.

"Ini sangat wajar kalau ada usaha dari tokoh dan pemimpin negara. Kita juga punya masalah yang sama. Wajar, untuk selamatkan nyawa satu orang punya effort yang luar biasa," kata Fadli di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (10/7/2015).

Fadli membandingkan usaha Pacuiao membela Mary Jane dengan saat Prabowo Subianto membela TKI asal Indonesia yang dihukum mati di Malaysia, Wilfirida Soik. Oleh sebab itu, wajar saja bila ada informasi baru soal Mary Jane yang disampaikan.

"Apa yang dilakukan Pacman, kampanye menyelamatkan warganya wajar dan sah-sah saja. Saya pribadi, kalau ada negara sahabat ada permintaan masuk akal, patut dipertimbangkan. Manusiawi," ujar Waketum Gerindra ini.

Jaksa Agung HM Prasetyo sebelumnya mengatakan bahwa kedatangan Pacman ke DPR itu tidak akan mempengaruhi nasib Mary Jane. Fadli mengatakan bahwa keputusan itu memang ada di tangan pemerintah dalam hal ini jaksa agung.

"Itu domainnya jaksa agung. Kita harus Pikirkan hubungan dengan negara sahabat. Kita kan punya kebijakan zero enemy, jangan sampai zero friend juga," ucap Fadli.

Dalam pertemuan tersebut, Pacman mengungkapkan keyakinannya bahwa Mary Jane tidak bersalah dalam kasus penyelundupan heroin seberat 2,6 kg ke Yogyakarta pada 2014 silam. Dia juga mengaku tetap menghormati hukum yang berlaku di Indonesia.

(imk/fdn)