detikNews
Kamis 09 Juli 2015, 13:40 WIB

#detikcomEffect

Raeni Peraih IPK 3,96 Akan S2 di Inggris, Ayahnya 'Direkrut' Bupati

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Raeni Peraih IPK 3,96 Akan S2 di Inggris, Ayahnya Direkrut Bupati Foto: Humas Unnes
Jakarta - Masih ingat Raeni (22), lulusan terbaik Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang meraih IPK 3,96 dari Jurusan Akuntansi? Prosesi wisuda Raeni sempat menghebohkan media ketika ayahnya yang merupakan tukang becak bernama Mugiyono mengantar dari Kendal ke Semarang.

detikcom menjadi salah satu media yang mengangkat kisah perjuangan Raeni menyelesaikan studinya tersebut. Hingga akhirnya dia dijanjikan beasiswa ke Inggris oleh Presiden SBY tahun lalu.

"Besok (10/7) saya berangkat ke Inggris. Alhamdulillah, semua proses sudah dilalui dan tinggal berangkat. Sekarang saya masih berada di Kendal, di rumah," ujar Raeni saat kembali berbincang dengan detikcom, Kamis (9/7/2015).

Selama ini setelah dia wisuda pada tahun lalu Raeni banyak mengisi kegiatan yang berbau akademis. Mulai dari mengajar hingga pertukaran pelajar.

Banyak pula perusahaan yang ingin merekrutnya setelah perjuangannya diangkat di media massa. Namun tawaran itu ditolaknya demi mengejar beasiswa dan nantinya menjadi dosen.

Raeni kemudian menceritakan pengalaman-pengalaman inspiratifnya selama ini secara panjang lebar. Nantinya pengalaman itu pun akan diangkat oleh detikcom untuk menggugah inspirasi kaum muda.

Tak hanya Raeni yang kehidupannya berubah, ayahnya pun mengalami perubahan setelah momen tak terlupakan itu. Kini ayahnya sudah tak terlalu lelah mengayuh becak untuk mencari nafkah. Mugiyono pun dapat lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga dan kebetulan baru saja dikaruniai seorang cucu dari anak sulungnya.

"Bapak masih mbecak, tapi sudah tidak seperti dulu. Kalau sekarang setiap pagi mengantar anaknya Bu Bupati Kendal (Widya Kandi Susanti, -red) saja dari rumahnya ke sekolah SD. Jaraknya cuma 1 kilometer saja. Iya, Bapak diajak Bu Bupati setelah ramai diberitakan itu," ungkap Raeni.

Anda punya pengalaman menarik setelah diberitakan oleh detikcom? Perubahan positif apa yang dirasakan? Silakan kirim cerita ke redaksi@detik.com. Jangan lupa sertakan kontak Anda.
(bag/van)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com