Pedagang Pisang Jadi Miliarder, Arief 'Kiming' Kini Jadi 'Selebriti'

#detikcomEffect

Pedagang Pisang Jadi Miliarder, Arief 'Kiming' Kini Jadi 'Selebriti'

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Kamis, 09 Jul 2015 12:07 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa
Jakarta - Dulu tak banyak yang mengenal Arief Setiawan (25) atau yang akrab disapa 'Bang Kiming'. Kini siapa tak kenal kisah sukses pedagang pisang penyet yang kini jadi miliarder di negeri sakura ini.

Kisah hidup Bang Kiming diangkat oleh detikcom pada dua hari lalu dan mendapat tanggapan positif dari para pembaca. Rupanya respons positif itu pun banyak pula yang disampaikan langsung kepada Arief lewat berbagai media sosial.

"Sejak kisah hidup saya diangkat oleh detikcom, kurang dari 24 jam sudah lebih 500 orang kirim inbox ke saya atau ke email saya bertanya tentang bisnis. Umumnya bertanya soal bagaimana caranya jadi pengusaha sukses," tulis Arief dalam akun facebook miliknya, Rabu siang (8/7/2015).

Banyak di antara yang bertanya ingin 'kursus instan' dan segera menjadi sukses. Dengan sabar dia pun menjawab para penanya yang terinspirasi kesuksesan Arief membangun PT Kiming Indotrading Investama di Indonesia dan Kiming International di Jepang.

Sebelumnya dia telah menceritakan kisah hidupnya dengan detikcom. Arief pun kemudian membagikan tulisan tersebut untuk dibaca teman-teman dan orang yang ingin tahu perjuangannya.

Awal mula dia terjun ke dunia bisnis adalah membuat Pisang Penyet Bang Kiming dengan modal Rp 700.000 di tahun 2008. Tahun berikutnya dia mendapat beasiswa ke Jepang dan terpaksa mengendalikan usaha dari jarak jauh. Saat itu dia mengalami jatuh bangun seperti halnya pengusaha sukses lainnya, sebelum akhirnya membangun usaha trading.

Selain sukses berbisnis, Arief pun berkarya di bidang akademik. Dia berhasil menyelesaikan studi doktoral di Jepang saat usianya menginjak 25 tahun lebih 2 bulan dan dinobatkan sebagai 'Doktor Teknik Termuda Indonesia'.

"Yang pasti, tidak ada yang instan di dunia ini, bahkan mie instan pun butuh air mendidih untuk siap disajikan," kata dia.

Kebetulan pada hari ini Kamis, 9 Juli 2015 bertepatan dengan ulang tahun detikcom ke-17. Arief pun berharap agar detikcom terus menemukan figur-figur inspiratif.

"Generasi muda di Indonesia itu lagi butuh-butuhnya role model. Orang-orang yang diangkat di 'Muda dan Menginspirasi' bisa kasih contoh ke anak-anak muda, 'kalau kami bisa, Anda dan kita semua pasti juga bisa'," tutur dia hari ini.

Anda punya pengalaman menarik setelah diberitakan oleh detikcom? Perubahan positif apa yang dirasakan? Silakan kirim cerita ke redaksi@detik.com. Jangan lupa sertakan kontak Anda.   (bag/van)